Hubungan tingkat konsumsi energi, protein dan pertambahan berat badan ibu hamil usia remaja selama trimester III dengan berat badan lahir bayi

Marselina Sara Ninggar, Marselina Sara Ninggar (2008) Hubungan tingkat konsumsi energi, protein dan pertambahan berat badan ibu hamil usia remaja selama trimester III dengan berat badan lahir bayi. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
101Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

226Kb

Abstract

Latar Belakang : Salah satu penyebab tingginya angka kematian neonatal adalah berat bayi lahir rendah (BBLR). Faktor-faktor yang mempengaruhi BBLR adalah status gizi dan asupan makanan ibu selama hamil. Status gizi ibu dapat dilihat dari pertambahan berat badan ibu. Asupan makanan penting bagi remaja yang hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan dirinya dan janinnya. Metode : Cohort prospective dengan sampel 15 orang ibu hamil trimester III usia remaja (<20tahun) yang diambil secara purposive. Pada sampel dilakukan penilaian tingkat konsumsi energi dan protein selama trimester III dengan metode food recall, serta penimbangan berat badan ibu hamil dan berat badan lahir bayi . Data dianalisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil : Pada penelitian ini tidak diperoleh adanya BBLR, dengan rerata berat lahir bayi sebesar 3,1 ± 0,4 kg. Sebagian besar sampel (86,6%) mempunyai tingkat konsumsi energi >100% dengan rerata tingkat konsumsi energi sampel sebesar 104,5% ± 8,1, tetapi tingkat konsumsi protein semua sampel <100% dengan rerata tingkat konsumsi protein sampel adalah 75% ± 7,8, dan sebesar 40% sampel mempunyai pertambahan BB yang tergolong baik (0,34-0,5 kg/mg) dengan rerata 0,4 ± 0,1 kg/minggu. Variabel yang secara bermakna berhubungan dengan berat lahir bayi adalah tingkat konsumsi energi (r=0,85; p=0,00), tingkat konsumsi protein (r=0,67; p=0,01), dan pertambahan berat badan ibu (r=0,89; p=0,00). Simpulan : Variabel yang berhubungan dengan berat bayi lahir adalah tingkat konsumsi energi, tingkat konsumsi protein, dan pertambahan berat badan Ibu.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:energi, protein, pertambahan BB, berat lahir bayi, kehamilan remaja
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26065
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:27 Jan 2011 15:49
Last Modified:27 Jan 2011 15:49

Repository Staff Only: item control page