Hubungan Pemberian ASI, Pengganti ASI (PASI) dan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dengan Status Gizi Bayi Usia 6 – 9 Bulan.

Vitariani, Vitariani (2011) Hubungan Pemberian ASI, Pengganti ASI (PASI) dan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dengan Status Gizi Bayi Usia 6 – 9 Bulan. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
78Kb
[img]
Preview
PDF
78Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

316Kb

Abstract

Latar Belakang : usia 6 sampai 9 bulan merupakan masa yang rentan kekurangan gizi karena merupakan masa transisi antara ASI dan pengenalan makanan pendamping ASI, begitu pula dengan pengganti ASI juga berpengaruh terhadap status gizi bayi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberian ASI, pengganti ASI dan pemberian MP-ASI dengan status gizi bayi usia 6 – 9 bulan. Metode : penelitian ini dilakukan pada 54 bayi usia 6 – 9 bulan. Berat badan diukur dengan menggunakan timbangan digital dan panjang badan diukur dengan infantometer. Pola pemberian ASI diperoleh melalui kuesioner. Data numerik dianalisis dengan menggunakan korelasi Pearson dan rank Spearman (ά = 0,05). Data kategorik dianalisis dengan menggunakan Fisher Exact. Hasil : Ada hubungan antara jenis pemberian ASI dengan status gizi (p= 0,016) dan tidak ada hubungan antara kontribusi energi, protein, lemak dan karbohidrat dari makanan pendamping atau pengganti dengan status gizi ((r=-0,08 ;p= 0,805, r=-0,1 ;p=0,52, r=0,09 ;p=0,95, r= -0,11;p= 0,49). Simpulan : ada hubungan antara jenis pemberian ASI dengan status gizi sedangkan variabel lain tidak mempunyai hubungan dengan status gizi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:nutritional status, breastfeeding pattern, complementary feeding pattern
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25404
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jan 2011 12:35
Last Modified:12 Jan 2011 12:35

Repository Staff Only: item control page