Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil yang Mendapatkan suplementasi Tablet Besi di Wilayah Kerja Puskesmas Demak I Kabupaten Demak

Nur Farida, Nur Farida (2009) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil yang Mendapatkan suplementasi Tablet Besi di Wilayah Kerja Puskesmas Demak I Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
48Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

404Kb

Abstract

Latar belakang: Anemi pada ibu hamil merupakan masalah besar. Upaya penanggulangannya sudah dilakukan sejak tahun 1975 yaitu dengan pemberian tablet Fe, namun prevalensi masih tetap tinggi. Tujuan: tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang berhubungan dengan kadar hemoglobin ibu hamil yang mendapatkan suplementasi tablet besi. Metoda: Desain penelitian ini adalah cross sectional dengan besar sampel 49 orang ibu hamil trimester kedua, subyek dipilih dengan consecutive sampling. Kadar Hb diukur menggunakan metode sianmethemoglobin dengan alat hemocue, data asupan zat besi, protein dan vitamin C menggunakan Food Frequency Semi Quantitative. Data lama pendidikan, pendapatan, pengetahuan dan konsumsi tablet besi menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan korelasi Pearson dan rank Spearman, dari korelasi Pearson dilanjutkan dengan regresi linier ganda. Hasil: Rerata umur sampel 26,98 dan rerata usia kehamilan sebesar 19,08. Prevalensi anemia sebesar 63,3% bila menggunakan ambang batas 11,0 gr/dl dan menjadi 53,1% bila menggunakan ambang batas 10,5 gr/dl. Hasil analisa bivariat menunjukkan variabel yang berhubungan dengan kadar Hb ibu hamil yang mendapatkan suplementasi tablet besi adalah pengetahuan, pendapatan keluarga, suplementasi tablet besi, asupan zat besi, asupan protein dan asupan vitamin C. Kesimpulan: Variabel yang paling berperan dalam memprediksi kadar hemoglobin adalah variabel asupan protein diikuti oleh variabel asupan vitamin C.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Faktor yang berhubungan, kadar hemoglobin, ibu hamil, suplementasi tablet besi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25056
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Dec 2010 15:33
Last Modified:30 Dec 2010 15:33

Repository Staff Only: item control page