Perencanaan Duplikasi Jalan Arteri Utara Semarang STA 1+725-1+975

KURNIAWAN, ANDRE and ROY ADI WIJAYA, MATIAS (2010) Perencanaan Duplikasi Jalan Arteri Utara Semarang STA 1+725-1+975. Undergraduate thesis, Department of Civil Engineering.

[img]
Preview
PDF - Published Version
4Mb

Abstract

Ruas jalur lingkar utara Kota Semarang, provinsi Jawa Tengah merupakan ruas jalur yang sangat penting, karena lingkar utara Semarang terletak di jalur pantura pulau Jawa, yang memiliki fungsi pelayanan transportasi barang dan jasa yang sangat padat dan umumnya dengan beban angkut yang berat. Seiring kepadatan lalu lintas jalur lingkar utara Semarang yang makin bertambah, maka jalur lingkar ini dirasa tidak mampu lagi untuk melayani pertumbuhan lalu lintas yang ada. Untuk itu, akan dilakukan pelebaran jalur lingkar utara Semarang dengan melakukan duplikasi ruas jalan maupun jembatan eksisting. Duplikasi yang dimaksudkan disini adalah membangun ruas jalan dan jembatan baru di samping ruas jalan maupun jembatan eksisting sepanjang 2225 km, dengan posisi STA 0+000 hingga STA 2+225. Berdasarkan Laporan Peninjauan Lapangan Ruas Jalan Lingkar Utara Semarang (2008), diketahui bahwa jalan arteri utara memiliki dua lajur dua arah dengan menggunakan perkerasan lentur (aspal). Perkerasan dengan menggunakan aspal dirasa kurang cocok untuk digunakan pada jalan arteri utara, karena ruas jalan ini difungsikan untuk melayani lalu-lintas yang padat dengan beban kendaraan yang cukup besar. Selain itu, lokasi jalan yang seringkali tergenang air pasang, menyebabkan aspal menjadi mudah rusak (berlubang maupun bergelombang). Pada ruas jalan arteri utara ini terdapat tiga buah kali yang memotong jalan eksisting, yaitu Kali Banger, Kali Banjir Kanal Timur, serta Kali Tenggang. Untuk mengatasi hal ini, maka dibangunlah dua buah jembatan, yaitu Jembatan Kali Banjir Kanal-Banger (STA 0+790 hingga STA 1+050) dan Jembatan Kali Tenggang (STA 1+790 hingga STA 1+940). Dalam Tugas Akhir ini dilakukan perencanaan ulang perkerasan jalan lingkar utara Semarang dengan menggunakan rigid pavement ( pada STA 1+725 hingga STA 1+975 ), serta perancangan ulang jembatan kali Tenggang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:25034
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Dec 2010 10:50
Last Modified:31 Dec 2010 11:06

Repository Staff Only: item control page