Hubungan Antara Penerimaan Pesan dari Media Massa dan Pengetahuan Tentang Suplemen Dengan Konsumsi Suplemen Pada Atlet Persatuan Sepakbola Indonesia Semarang (PSIS) Junior

Larassari, Larassari (2010) Hubungan Antara Penerimaan Pesan dari Media Massa dan Pengetahuan Tentang Suplemen Dengan Konsumsi Suplemen Pada Atlet Persatuan Sepakbola Indonesia Semarang (PSIS) Junior. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

278Kb

Abstract

Latar Belakang : Tingkat konsumsi suplemen dapat dipengaruhi oleh intensitas pesan atas suatu produk di media massa. Faktor pengetahuan tentang suplemen menjadi penyebab yang mempengaruhi konsumsi suplemen makanan. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerimaan pesan dari media massa dan pengetahuan tentang suplemen dengan konsumsi suplemen pada atlet sepakbola junior. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah atlet sepakbola junior yang terdaftar di Sekolah Sepakbola Support Supaya Sehat yang berjumlah 43 atlet dan berusia 15 sampai 17 tahun. Responden ditetapkan berdasarkan metode purposive. Analisis yang digunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil : Sebanyak 58,1% atlet sepakbola junior mengkonsumsi suplemen makanan dengan rata-rata konsumsi sebanyak 22,7 kali perminggu. Kurang dari separuh (46,5%) atlet junior memiliki pengetahuan yang baik tentang gizi. Penelitian ini menemukan ada hubungan positif dan signifikan antara penerimaan pesan tentang suplemen dari media massa dan konsumsi suplemen pada atlet sepakbola junior (r = 0,350; p = 0,021). Pengetahuan tentang suplemen berhubungan terbalik dengan konsumsi suplemen (r = -0,390; p = 0,010). Kesimpulan : Terdapat hubungan antara penerimaan pesan dari media massa dan pengetahuan tentang suplemen dengan konsumsi suplemen pada atlet sepakbola junior.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Media massa, pengetahuan, konsumsi suplemen, atlet sepakbola junior
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24934
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:23 Dec 2010 09:43
Last Modified:23 Dec 2010 09:43

Repository Staff Only: item control page