Hubungan Pengetahuan tentang Kalsium dan Besar Uang Saku dengan Tingkat Konsumsi Kalsium pada Remaja Putri di SMAN 2 Kendal

Erin Anggraeni , Erin Anggraeni (2010) Hubungan Pengetahuan tentang Kalsium dan Besar Uang Saku dengan Tingkat Konsumsi Kalsium pada Remaja Putri di SMAN 2 Kendal. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
55Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

209Kb

Abstract

Latar belakang : Dua dari lima orang Indonesia memiliki risiko mengalami osteoporosis. Osteoporosis ditandai dengan berkurangnya massa tulang. Pada masa remaja, asupan kalsium yang adekuat diperlukan untuk memaksimalkan puncak massa tulang. Remaja terutama putri memiliki risiko terbesar terhadap ketidakcukupan asupan kalsium. Pengetahuan dan besar uang saku merupakan beberapa faktor yang secara tidak langsung berperan terhadap kebiasaan makan terutama dalam mengkonsumsi kalsium. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang kalsium dan besar uang saku dengan tingkat konsumsi kalsium. Metoda : Penelitian dilakukan di SMAN 2 Kendal dengan desain cross sectional, 43 sampel dipilih secara simple random sampling dari kelas X dan XI yang memenuhi kriteria inklusi. Tingkat konsumsi kalsium diperoleh dengan frekuensi makanan semi kuantitatif. Pengetahuan tentang kalsium dan besar uang saku dengan kuesioner. Analisis statistik yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearman Hasil : Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang kalsium dengan tingkat konsumsi kalsium (r = 0,421 ; p = 0,005), tetapi besar uang saku dengan tingkat konsumsi kalsium diketahui tidak ada hubungan (r = 0,167 ; p = 0,283). Kesimpulan : Pengetahuan tentang kalsium mempunyai hubungan yang bermakna dengan tingkat konsumsi kalsium.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pengetahuan tentang kalsium, besar uang saku, tingkat konsumsi, remaja putri.
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24930
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Dec 2010 14:48
Last Modified:22 Dec 2010 14:48

Repository Staff Only: item control page