HUBUNGAN LAMA PEMBERIAN AIR SUSU IBU (ASI), KECUKUPAN GIZI, DAN KEJADIAN INFEKSI DENGAN ARAH PERTUMBUHAN BAYI USIA 6 BULAN (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Bangetayu Kecamatan Genuk Kotamadya Semarang)

Farida Budiarti, Farida Budiarti (2010) HUBUNGAN LAMA PEMBERIAN AIR SUSU IBU (ASI), KECUKUPAN GIZI, DAN KEJADIAN INFEKSI DENGAN ARAH PERTUMBUHAN BAYI USIA 6 BULAN (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Bangetayu Kecamatan Genuk Kotamadya Semarang). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
139Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

234Kb

Abstract

Latar Belakang : Pertumbuhan secara langsung dipengaruhi oleh asupan makanan dan infeksi. ASI adalah makanan bayi yang paling sempurna dari segi kualitas dan kuantitas. Pemberian ASI ekslusif hingga 6 bulan sangat direkomendasikan. Penyakit infeksi yang berkaitan dengan terjadinya goncangan pertumbuhan dan tingginya angka kematian pada bayi adalah infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan diare. Di wilayah kerja Puskesmas Bangetayu Kecamatan Genuk Kotamadya Semarang masih banyak ditemukan kasus penyakit infeksi pada anak-anak seperti ISPA yaitu sebanyak 41,6 % angka kunjungan puskesmas 219,88/1000 penduduk dan diare dengan 21-40/1000 penduduk. Tujuan :Untuk mengetahui hubungan antara lama pemberian ASI, kecukupan gizi, dan kejadian infeksi dengan arah pertumbuhan bayi usia 6 bulan Metode : Studi Longitudinal selama 1 bulan terhadap 32 subjek di 6 desa wilayah kerja puskesmas Bangetayu. Subjek dipilih dengan consecutive sampling. Uji kenormalan dianalisis menggunakan Shapiro-Wilk dan uji bivariate dianalisis menggunakan uji Fisher Exact. Hasil: Semua subjek telah diberi MP-ASI sebelum usia 6 bulan. Subjek yang diberi ASI lebih dari 6 bulan yaitu 93.8 %. Sebagian besar subjek mempunyai kecukupan energi dan protein baik dengan presentase 50 % dan 71,9%. Kejadian ISPA sebesar 78.1 % dan diare hanya 8.8 %. Sebagian besar subjek memiliki arah pertumbuhan N sebesar 81.3 %. Tidak ada hubungan antara lama pemberian ASI dengan arah pertumbuhan, p= 1.00 , ada hubungan kecukupan gizi (p energi= 0.018, p protein=0.0013) dengan arah pertumbuhan, tidak ada hubungan kejadian Infeksi (p ISPA =0.590, p diare = 0.301) dengan arah pertumbuhan . Simpulan:Tidak ada hubungan Lama pemberian ASI dengan arah pertumbuhan bayi usia 6 bulan, ada hubungan kecukupan gizi dengan arah pertumbuhan bayi usia 6 bulan, dan tidak ada hubungan kejadian Infeksi dengan arah pertumbuhan bayi usia 6 bulan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Lama pemberian ASI, Kecukupan gizi, Kejadian Infeksi, Arah Pertumbuhan
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24858
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:20 Dec 2010 15:04
Last Modified:20 Dec 2010 15:04

Repository Staff Only: item control page