Efektivitas Metode Ceramah dan Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Tentang Anemia Gizi Besi (Studi di SMA N 2 Semarang)

Ida Widyaningsih , Ida Widyaningsih (2010) Efektivitas Metode Ceramah dan Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Tentang Anemia Gizi Besi (Studi di SMA N 2 Semarang). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
97Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

347Kb

Abstract

Latar belakang : Remaja putri merupakan salah satu kelompok yang rentan mengalami anemia khususnya anemia karena kekurangan zat besi. Pendidikan gizi perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri mengenai anemia gizi besi. Pendidikan pada remaja dapat dilakukan dengan beberapa metode, diantaranya dengan metode ceramah dan diskusi kelompok. Tujuan : untuk mengetahui perbedaan efektivitas metode diskusi kelompok dan ceramah dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang anemia gizi besi. Metode : penelitian ini merupakan penelitian true experimental dengan desain cluster randomized cpntroled trial. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 28 untuk tiap-tiap kelompok yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Hasil : Nilai rerata pre test dan post test pengetahuan mengenai anemia gizi besi mengalami peningkatan yang bermakna pada kedua kelompok (p < 0,05) namun tidak ada perbedaan peningkatan pengetahuan di antara kedua kelompok (p > 0,05). Nilai rerata pre test dan post test sikap mengenai anemia gizi besi mengalami peningkatan yang bermakna pada kedua kelompok (p < 0,05). Tidak ada perbedaan peningkatan sikap di antara kedua kelompok (p > 0,05). Simpulan : Pendidikan gizi dengan metode diskusi kelompok dan ceramah meningkatkan pengetahuan dan sikap mengenai anemia gizi besi pada remaja putri. Metode diskusi kelompok sama efektif dengan metode ceramah dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap mengenai anemia gizi besi pada remaja putri.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pengetahuan, sikap, efektifitas, diskusi kelompok, metode ceramah, anemia gizi besi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24832
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:20 Dec 2010 12:38
Last Modified:20 Dec 2010 12:38

Repository Staff Only: item control page