EFEKTIVITAS METODE KONSELING DENGAN MEDIA KARTU MENUJU SEHAT (KMS) BALITA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU MENGENAI PERTUMBUHAN BALITA DI KECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG

Chandra Rani P, Chandra Rani P (2010) EFEKTIVITAS METODE KONSELING DENGAN MEDIA KARTU MENUJU SEHAT (KMS) BALITA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU MENGENAI PERTUMBUHAN BALITA DI KECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
137Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

382Kb

Abstract

Latar Belakang : Gizi buruk dapat mengancam kelangsungan pertumbuhan balita. Posyandu berperan penting dalam memantau tumbuh kembang anak. Media Kartu Menuju Sehat (KMS) dapat digunakan untuk memantau pertumbuhan balita dan sebagai alat bantu kader dalam memberikan konseling gizi. Tujuan : Mengetahui efektivitas metode konseling dengan media Kartu Menuju Sehat (KMS) balita dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu mengenai pertumbuhan balita. Metode : Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan cluster randomized pretest and posttest controlled trial, dengan sampel 25 ibu balita pada masing-masing kelompok. Hasil : Rerata nilai pengetahuan mengenai pertumbuhan balita mengalami peningkatan yang bermakna pada kedua kelompok (p<0,05). Terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan yang bermakna antara kedua kelompok, setelah diberikan konseling dengan KMS dengan kelompok konseling tanpa KMS (p<0,05). Nilai rerata sikap mengenai pertumbuhan balita mengalami peningkatan yang bermakna pada kedua kelompok (p<0,05), tetapi tidak ada perbedaan peningkatan sikap di antara kedua kelompok (p>0,05). Kesimpulan : Metode konseling dengan media KMS efektif dalam meningkatkan pengetahuan ibu mengenai pertumbuhan balita, tetapi tidak cukup efektif dalam meningkatkan sikap dibandingkan dengan metode konseling tanpa media KMS.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:efektivitas, konseling, media KMS, pengetahuan, sikap, pertumbuhan balita
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24816
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:20 Dec 2010 12:00
Last Modified:20 Dec 2010 12:00

Repository Staff Only: item control page