PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 KARANGDOWO TAHUN AJARAN 2009 / 2010

Rini , Purwanti (2010) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 KARANGDOWO TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Undergraduate thesis, Faculty of Humanities.

[img]
Preview
PDF - Published Version
522Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
16Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
20Kb

Abstract

ABSTRAK Prestasi belajar siswa sampai saat ini masih menjadi tolak ukur keberhasilan seorang siswa dalam mengikuti proses pendidikan. Pada penelitian ini peneliti mengupas masalah prestasi belajar siswa pada bidang ilmu bahasa dan sosial. Keberhasilan belajar seorang siswa secara umum dipengaruhi oleh pemanfaatan perpustakaan, dukungan, arahan, dan motivasi dari orang tua serta guru. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 karangdowo Tahun Ajaran 2009/2010” yang dilakukan di SMA N 1 Karangdowo, waktu penelitian pada bulan Maret 2010. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Karangdowo tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 8 kelas sejumlah 288 siswa. Sampel yang diambil sebesar 58 siswa kelas X SMA N 1 Karangdowo. Pengambilan sampel dengan teknik acak, data dikumpulkan dengan metode angket dan wawancara terhadap siswa dan guru. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket pemanfaatan perpustakaan oleh siswa, wawancara siswa terhadap perhatian orang tua di rumah dan wawancara guru tentang motivasi. Untuk menjawab permasalahan secara deskriptif didasarkan pada skala likert yang disususn berdasarkan skor tertinggi, skor terendah dan standar devisi masing-masing variabel. Untuk menjawab permasalahan secara korelasi dengan menggunakan teknik analisis product moment guna menguji hipotesis penelitian yang didahului dengan penentuan variabel bebas (Independent) dan variabel terikat (Dependent). Hasil penelitian deskriptif menunjukan bahwa kecenderungan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar termasuk kategori sangat tinggi, perhatian orang tua termasuk kategori tinggi dan perhatian guru di sekolah termasuk kategori tinggi. Hasil penelitian secara korelasi yaitu: ada korelasi yang positif dan sangat signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Karangdowo tahun ajaran 2009/2010. Dengan koefisien korelasi parsial diperoleh nilai rparsial sebesar 0,217 sedangkan rtabel dengan N = 58 pada taraf signifikan 1% sebesar 0,330 yang didukung dengan wawancara yang dilakukan kepada siswa dan guru. Kata Kunci : Peanfaatan, Perpustakaan, Prestasi, Belajar, Siswa

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:22212
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Sep 2010 09:58
Last Modified:21 Sep 2010 09:58

Repository Staff Only: item control page