PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DIPONEGORO UNIT S1 REGULER

Yanuar , Yoga Prasetyawan (2010) PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DIPONEGORO UNIT S1 REGULER. Undergraduate thesis, Faculty of Humanities.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1471Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
143Kb

Abstract

ABSTRAK Teknologi informasi saat ini telah menyebar hampir di semua aspek kehidupan dan profesi, tidak terkecuali perpustakaan. Perpustakaan sebagai institusi yang berkecimpung di bidang pengelolaan sumber informasi sudah seharusnya terjamah penerapan teknologi informasi. Dengan adanya teknologi informasi diharapkan dapat membantu meprercepat pekerjaan secara efektif, sehingga waktu yang diperlukan untuk mengerjakan lebih efisien. Penerapan teknologi informasi di perpustakaan dapat difungsikan dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah sebagai Sistem Informasi Perpustakaan. Bidang pekerjaan yang dapat diintegrasikan dengan sistem informasi perpustakaan adalah pengadaan, inventarisasi, katalogisasi, sirkulasi bahan pustaka, pengelolaan anggota, statistik, dan sebagainya. Fungsi ini diistilahkan sebagai otomasi perpustakaan. Judul skripsi ini adalah Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Perpustakaan terhadap Kualitas Layanan di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Unit S1 Reguler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penerapan sistem informasi perpustakaan terhadap kualitas layanan perpustakaan di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Unit S1 Reguler. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, studi pustaka, dan observasi. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel sistem informasi perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan perpustakaan di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Unit S1 Reguler. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis yang dilakukan dengan uji T, yaitu dengan membandingkan ttabel dan t-hitung dengan = 5%. Hasilnya ada pengaruh signifikan antara sistem informasi perpustakaan dengan kualitas layanan perpustakaan, dengan t-hitung (6,884) lebih besar dari t-tabel (1,662).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:21923
Deposited By:Mr Tugirin Perpus FIB
Deposited On:06 Sep 2010 12:33
Last Modified:06 Sep 2010 12:33

Repository Staff Only: item control page