PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU DI RUMAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK BAGI KELUARGA DOSEN WANITA PADA PTN DAN PTS SEMARANG

ARBAINAH, SITI and HANDAYANI, JATI and MARDINAWATI, MARDINAWATI (1997) PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU DI RUMAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK BAGI KELUARGA DOSEN WANITA PADA PTN DAN PTS SEMARANG. Documentation. Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF - Published Version
425Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

2212Kb

Abstract

Penelitian yang berjudul "pengaruh Pemanfaatan Waktu di Rumah terhadap Prestasi Belajar Anak Bagi Keluarga Dosen Wanita PTN, dan PTS Semarang" ini bertujuan untuk mengetahui pola pemanfaatan waktu yang tersedia di rumah dari para Dosen wanita yang mempynyai anak duduk di Sekolah Dasar pada tahun ajaran 1996/1997. Kecuali itu sekaligus untuk mengetahui pengaruh tersediannya waktu di rumah (waktu di luar kerja) dan pengaruh pemanfaatan waktu tersebut terhadap prestasi anak. Apabila berpengaruh seberapa besar pengaruh penelitian tersebut. Penelitian dilaksanakan dengan harapan mampu memberikan manfaat balk bagi peneliti maupun pembaca. Adapun basil penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi pemba¬gian waktu yang optimal bagi wanita yang berperan ganda, khususnya bagi para dosen wanita yang masih mempunyai anak duduk di Sekolah Dasar dalam turut menentukan prestasi bela¬jar anak. Responden dalam penelitian ini adalah 50 orang Dosen wanita yang mengajar di PTN maupun di PTS Semarang dan masih mempunyai anak duduk di SD pada tahun 1996/1997. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mewancarai langsung respon-den dengan bantuan daftar pertanyaan yang sudah disiapkan serta melakukan pre test dan post test terhadap putra putri responden untuk memperoleh data prestasi anak. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjjukkan bahwa waktu yang tersedia di luar kerja per minggu bagi para dosen wanita di PTN dan PTS Semarang berkisar antara 130 jam sampai dengan 144 jam (42% responden). Waktu di luar kerja ini dimanfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan sesuai pola keperluan/kebutuan masing-masing. Salah satunya untuk berbin-cang-bincang dengan anak, suami dan anggota keluarga lain. Ditinjau secara analisis kuantitatif total waktu ibu di rumah dan keikutsertaan les tidak berpeagaruh secara langsung terhadap prestasi anak, namun yang pola pemanfaatan waktu ibu khusus untuk anak dan keikutsertaan les lah yang berpengaruh secara total terhadap prestasi anak tersebut. This research which entitles The Influence of Utilizing Time at Home against Learning Achievement of the Female Lecturers' Children of State and Private Universities" aims at knowing of utilizing the time available at home for the female lec¬turers who have elemenetary school children of the academic year of 1996/1997. Besides, it ams at knowing the influence of the availability of the time at home (the spare time they have) and its utilization against their children achiement. If there are influences, how much the influence is. The research is carried out with an expectation to give advantages both to the researchers and also the readers. While it is also expected that the result of the research will give the information of utilizing time effectively for the woman who have double role, especially for the female lecturers who own elementary school children in order to support their achievement. This research involves 50 respondents who teach at either state or private universities and still have children at elememantary school in the academic year 1996/1197. Mean¬while, the data is taken trough interviewing them directly based on the questionaire prepared before and giving a pre test and post-test against their children to get their achievement data. The result of reserach concludes that the time available per week -- beyond their working hours -- for female lecturers at state and private universities is around 130 - 140 hours (42% of the respondent). This spare time utilized to do various activities according to their pattern of need/neccesaty. One of the above activities is having a talk with the the child¬ren, husbands and also other family members. By quantitative analysis, the wives" total time at home and their children participation at courses/private lessons does not directly influence their children achievement, while the utilization of the mothers' special time to their children and their participation at courses does influence totally against the children achievement.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
ID Code:20224
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:12 Aug 2010 13:02
Last Modified:12 Aug 2010 13:02

Repository Staff Only: item control page