PUSAT PROMOSI DAN INFORMASI BISNIS KOTA TEGAL

DWI P., INDRA (2004) PUSAT PROMOSI DAN INFORMASI BISNIS KOTA TEGAL. Undergraduate thesis, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
55Kb

Abstract

Dalam menghadapi era pasar bebas internasional, masyarakat Indonesia dituntut untuk kreatif dalam segala bidang sehingga tidak tertinggal dari negara-negara lain. Bangsa Indonesia yang memiliki kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah harus mampu untuk memanfaatkan dan menggali potensi-potensi tersebut sehingga mampu bersaing dengan negara lain dalam pasar internasional. Dengan adanya Undang-Undang No.22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah, Pemerintah Daerah diharuskan dapat mengembangkan potensi yang ada didaerahnya dengan baik sehingga mampu untuk mandiri dan mampu untuk melaksanakan pemerintahannya sendiri, salah satunya pemerintah Kota Tegal. Pemerintah Kota Tegal melihat potensi yang ada di Kota Tegal cukup besar. Letak Kota Tegal yang sangat strategis karena terletak pada persimpangan jalur pantura (pantai utara jawa), yaitu : jalur menuju Cirebon, Jakarta dan Bandung, jalur menuju Purwokerto dan Cilacap, serta jalur menuju Semarang, Surabaya dan Solo. Kondisi seperti inilah yang membentuk Kota Tegal sebagai sebagai suatu kota transit yang memiliki mobilitas perekonomian yangcukup tinggi di jalur pantura. Untuk itu, pemerintah Kota Tegal memiliki ide untuk mengembangkan Kota Tegal tidak hanya sebagai Kota Transit saja tetapi juga mampu untuk menjadi kota dagang yang mampu mengangkat perekonomian masyarakat kota Tegal dan sekitarnya serta mampu menjadi medan magnet dan mendaji kota andalan bagi masyarakat Jawa Tengah bagian barat. Tuntutan ini memaksa pemerintah Kota Tegal untuk segera melengkapi sarana dan prasarana yang mampu untuk menunjang kegiatan perekonomian yang ada dan sedang berkembang di kota Tegal dan daerah disekitarnya. Salah satu prioritas utama adalah pembangunan sebuah wadah yang mampu untuk menampung kegiatan pada sektor industri dan perdagangan yang sedang berkembang di kota Tegal dan sekitarnya serta mampu untuk mempromosikan hasil industri tersebut ke taraf nasional maupun internasional. Dengan dasar pemikiran inilah pemerintah Kota Tegal merencanakan sebuah Pusat Promosi dan Informasi Bisnis di Kota Tegal. Pusat Promosi dan Informasi Bisnis ini dharapkan mampu untuk memperkenalkan dan mempromosikan hasil industri yang ada di kota Tegal dan sekitarnya ke pasar nasional maupun ke pasar internasional. Disamping itu tempat ini diharapkan dapat sebagai wadah yang mampu untuk mengembangkan industri di kota Tegal dan sekitarnya kearah yang lebih maju dengan cara menjalin kerja sama dengan relasi bisnis baik dalam negeri maupun luarnegeri. Dengan semakin majunya perindustrian di Kota Tegal, pemerintah kota Tegal berharap meningkatnya taraf hidup masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya. 1.2 Tujuan dan Sasaran 1. Tujuan Merencanakan sebuah Pusat Promosi dan Informasi Bisnis di Kota Tegal sebagai suatu wadah yang mampu memerkenalkan dan mempromosikan hasil industri di Kota Tegaldan sekitarnya sehingga pada akhirnya akan memajukan industri di Kota Tegal dan sebagai tujuan akhir adalah meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Tegal. 2. Sasaran Penyusunan Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur (LP3A) dengan judul Pusat Promosi dan Informasi Bisnis di Kota Tegal. 1.3 Manfaat 1. Secara Subyektif a. Memenuhi salah satu persyaratan dalam menempuh Tugas Akhir sebagai ketentuan kelulusan Sarjana Strata 1 (S1) pada jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang. b. Sebagai pedoman dalam penyusunan Landasan Program Perenanaan dan Perancangan arsitektur (LP3A). 2. Secara Obyektif a. Usulan tentang perencanaan dan perancangan Pusat Promosi dan Informasi Bisnis di Kota Tegal dihadarpkan menjadi salah satu masukan yang berarti bagi masyarakat kota Tegal dan Pemerintah Daerah pada khususnya. b. Bagi pembangunan di sektor industri dan perdagangan dihrap dapat menjadi suatu wadah yang dapat memajukan dan mempromosikan industri kota Tegal. c. Sebagai sumbangan perkembangan ilmu dan pengetahuan arsitektur pada khususnya. 1.4 Lingkup Pembahasan 1. Ruang Lingkup Substansial a. Perencanaan dan perancangan Pusat Promosi dan Informasi Bisnis di Kota Tegal dengan aktivitas-aktivitas didalamnya merupakan suatu perencanaan dan perancangan yang dapat dikategorikan ke dalam bangunan tunggal. b. Pusat Promosi dan Informasi Bisnis yang direncanakan merupakan suatu wadah / tempat untuk mempromosikan / memamerkan produk-produk unggulan Kota Tegal dan sekitarnya serta sebagai wadah untuk mencari, menampung dan memberikan Informasi Bisnis di Era Pasar Bebas Internasional. 2. Ruang Lingkup Spasial Pusat Promosi dan Informasi Bisnis di Kota Tegal direncanakan di kota Tegal dengan pertimbangan tapak terletak di Jalur Pantura sehingga memudahkan aksebilitas pengguna Pusat Promosi dan Informasi Bisnis menuju ke bangunan. 1.5 Metode Pembahasan Metode pembahasan yang digunakan dalam penulisan ini adalah pembahasan secara deskriptif, yaitu dengan mengadakan [engumpulan data melalui, studi literature dan observasi lapangan, untuk kemudian dianalisa dan dilakukan suatu pendekatan yangmenjadi dasar penyusunan konsep program perencanaan dan perancangan. Tahap pengumpulan data yang dimaksud dilakukan melalui : 1) Studi literature Yaitu dengan mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan teori, konsep dan standar perencanaan dan perancangan Pusat Promosi dan Informasi. 2) Wawancara Melakukan wawancaramengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan perencanaan dan perancangan Pusat Promosi dan Informasi Bisnis (PPIB) dari beberapa narasumber yang terkait. 3) Studi banding Melakukan perbandingan terhadap hasil observasi yang dilakukan pada beberapa bangunan yang berfungsi sama dan alternative tapak yang dipilih untuk analisa criteria yang diterapkan pada PPIB yang diprogramkan. 1.6 Sistematika Pembahasan Sistematika pembahasannya disusn dengan urutan sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Menguraikan tentang latar belakang perlunya perencanaan dan perancangan sebuah Pusat Promosi dan Informasi Bisnis di Kota Tegal, tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, manfaat, lingkup, metode dan sistematika pembahasan. BAB II TINJAUAN PUSTAKA Menguraikan tentang pengertian umu dari pusat promosi dan informasi bisnis melalui literature yang ada. Juga terdapat studi banding ke Java DEsain Center dan Pusat Perdagangan lainnya. BAB III TINJAUAN KOTA TEGAL Berisikan tinjauan kondisi kota Tegal, serta tinjauan mengenai industri dan perdagangan di Kota Tegal. BAB IV KESIMPULAN, BATASAN DAN ANGGAPAN Berisikan kesimpulan, batasan dan anggapan dari pembahasan yang telah dilakukan pada bab-bab sebelumnya. Kesimpulan menguraikan ha-hal mengenai sebuah Pusat Promosi dan Informasi Bisnis yang ideal, dimana dugunakan sebagai dasar penyusunan konsep dan program perancangan, sedangkan batasan dan anggapan untuk untuk mempertegas sejauh mana konsep perencanaan dan perancangan yang akan dilakukan, guna membatasi masalah yang terjadi sesuai dengan disiplin ilmu arsitektur. BAB V PENDEKATANPROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN Berisikan analisa tentang pendekatan-pendekatan yang dilakukan untuk mendapatkan pogram perencanaan an perancangan dari sebuah pusat promosi dan informasi bisnis. BAB VI KONSEP PROGRAM DASAR PERANCANGAN Berisikan Landasan Program Perencanaan dan Perancangan dai sebuah Pusat Promosi dan Informasi Bisnis.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:19999
Deposited By:arsitek Agus Pramono arsitek
Deposited On:11 Aug 2010 08:17
Last Modified:11 Aug 2010 08:17

Repository Staff Only: item control page