BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN PASIEN DALAM TINDAKAN MEDIS DI SEMARANG EYE CENTER (SEC) RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

KURNIASIH, DIAN (2010) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN PASIEN DALAM TINDAKAN MEDIS DI SEMARANG EYE CENTER (SEC) RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. In: Seminar Nasional Mewujudkan Kemandirian Kesehatan Masyarakat Berbasis Preventif dan Promotif, 13-03-2010, Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
10Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Salah satu faktor atau aspek yang terdapat dalam hubungan dokter-pasien adalah faktor kepercayaan pasien kepada dokter. Hal ini merupakan faktor yang sangat penting didalam hubungan medis. Di Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang sudah melakukan informed Consent kepada pasien pre operasi akan tetapi didalam pelaksanaannya, masih didapatkannya ketidakpahaman pasien dalam pemberian informasi medis, ketika terjadi kegagalan dalam operasi dan harus dioperasi lagi sehingga pasien mengalami trauma maka berdampak terhadap tingkat kepercayaan pasien dalam tindakan medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang berhubungan dengan tingkat kepercayaan pasien dalam tindakan medis di Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jenis penelitian ini bersifat explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang menjalankan operasi di SEC Rumah sakit Islam Sultan Agung Semarang. Sampel diambil dengan menggunakan metode Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel 90 responden. Analisis data menggunakan Chi square dan Pearson Product Moment menunjukkan bahwa faktor pemahaman informasi medis pasien pre operasi (p=0,0001), penyampaian pesan oleh dokter (p = 0,001), umpan balik dari dokter (p = 0,0001) dan umur (p = 0,018) memiliki hubungan dengan tingkat kepercayaan pasien dalam tindakan medis. Sedangkan faktor pendidikan (p = 0,389) tidak berhubungan dengan tingkat kepercayaan pasien dalam tindakan medis. Disarankan bagi Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang supaya dokter memberikan penjelasan informasi medis kepada pasien pre operasi sejelas mungkin, sehingga pasien paham akan informasi medis dan dapat mengambil keputusan untuk tindakan medis tanpa adanya paksaan.

Item Type:Conference or Workshop Item (Poster)
Uncontrolled Keywords:Kepercayaan, Pasien, Tingkat kepercayaan Pasien di SEC
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:19936
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:10 Aug 2010 09:49
Last Modified:10 Aug 2010 09:49

Repository Staff Only: item control page