HUBUNGAN BEBERAPA FAKTOR PADA PEROKOK LAKI-LAKI DENGAN KADAR KOLESTEROL TOTAL DARAH (STUDI PADA GURU PEROKOK LAKI-LAKI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KRADENAN, KABUPATEN GROBOGAN, PROPINSI JAWA TENGAH)

PRATIWI, IKA DIAN (2002) HUBUNGAN BEBERAPA FAKTOR PADA PEROKOK LAKI-LAKI DENGAN KADAR KOLESTEROL TOTAL DARAH (STUDI PADA GURU PEROKOK LAKI-LAKI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KRADENAN, KABUPATEN GROBOGAN, PROPINSI JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
26Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penyakit jantung koroner (PJK) dapat terjadi karena aterosklerosis, sedangkan aterosklerosis dapat terjadi karena hiperkolesterrolemia. Beberapa penelitian telah menguji bahwa ada hubungan kebiasaan merokok dengan kadar kolesterol darah. Namun ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi kadar kolesterol darah seperti usia, indek massa tubuh, konsumsi energi, konsumsi vitamin Chi Square, konsumsi lemah, olah raga dan lain-lain. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan beberapa faktor pada perokok laki-laki dengan kadar kolesterol totaldarah. Penelitian ini penelitian explanatory dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian semua guru perokok laki-laki SDN di Kecamatan Kradenan yaitu sebanyak 124 orang. Sample diambil dengan simple random sampling sebanyak 55 orang. Analisis data dilakukan dengan deskriptif dan analitik. Uji statistik yang digunakan uji korelsi product moment atau pearson, dan uji korelasi Rank Spearaman dengan SPSS versi 10.0. Hasil analisis deskriptif menunjukan rata-rata kadar kolesterol total darah perokok laki-laki sebesar 206,5 mg/gl (kategori tidak dianjurkan). Analisis analitik menunjukkan ada hubungan bermakna jumlah rokok yang dihisap dengan kadar kolesterol total darah perokok laki-laki. Hasil uji statistik jug menunjukkan tidak ada hubungan bermakna usia, Indeks masa tubuh, lama kebiasaan merokok, tingkat kosumsi energi, tingkat konsumsi vitamin C, jumlah konsumsi lemak, dan frekuensi berolah raga dengan kadar kolesterol total darah. Saran yang dianjurkan bagia peneliti yaitu perlu dilakukan penelitian sejenis, terutama jenis kolesterol lain selain kolesterol total (sebagai variabel terikat) yaitu LDL, HDL dan trigliserida. Kata Kunci: KADAR KOLESTEROL TOTAL DARAH, PEROKOK LAKI-LAKI, JUMLAH ROKOK YANG DIHISAP

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:17031
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jul 2010 11:14
Last Modified:20 Jul 2010 11:14

Repository Staff Only: item control page