KAJIAN KESESUAIAN KADAR KARBOHIDRAT PROTEIN DAN LEMAK MAKANAN PADAT PABRIKAN UNTUK BAYI DI MASYARAKAT (SURVAI PADA IBU-IBU DI POSYANDU WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANYUMANIK KOTAMADIA SEMARANG)

SULISTYOWATY , INEKE TRI (1994) KAJIAN KESESUAIAN KADAR KARBOHIDRAT PROTEIN DAN LEMAK MAKANAN PADAT PABRIKAN UNTUK BAYI DI MASYARAKAT (SURVAI PADA IBU-IBU DI POSYANDU WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANYUMANIK KOTAMADIA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian kadar karbohidrat, protein dan lemak makanan padat pabrikan untuk bayi dalam bentuk lumat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi makanan padat pabrikan untuk bayi dalam bentuk lumat yang biasa dipilih ibu yang memiliki bayi usia 0-12 bulan yang menghadiri posyandu di wilayah kerja Puskesmas Banyumanik Kotamadya Semarang. Sampel diambil secara purposif dengan jumlah 15 makanan padat pabrikan untuk bayi. Berdasarkan hasil uji kadar kaarbohidrat, protein dan lemak di laboratorium kimia makanan Balai Penelitian dan Pengembangan Industri Semarang, ternyata kadar yang diperoleh berbeda dengan kadar yang tercantum pada label kemasan. Kadar karbohidrat makanan padat pabrikan ini dibandingkan dengan kecukupan energi untuk bayi menghasilkan energi dengan rata-rata 28% dari total energi yan gdibutuhkan bayi kelompok usia 4-6 bulan dan untuk kelompok usia lebih dari 6 bulan rerata energi yang dihasilkan adalah 41,73. kadar protein makanan padat pabrikan telah ditentukan Codex Alimentarius dan SII, sedangkan 33,4% tidak memenuhi. Kadar lemak makanan padar pabrikan untuk bayi 93,3% memenuhi persyaratan kadar lemak yuang telah ditentukan SII dan 6,7% tidak memenuhi. Agar kebutuhan energi dan protein untuk bayi dapat memehuni kecukupan yang dianjurkan maka pemberian makanan padat pabrikan untuk bayi dalam bentuk lumat hendaknya disesuaikan dengan petunjuk pemberiannya dan ASI terus diberikan secara teratur sesuaai kebutuhan bayi. Kata Kunci: KADAR KARBOHIDRAT PROTEIN DAN LEMAK MAKANAN PADAT PABRIKAN UNTUK BAYI

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:16242
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Jul 2010 11:20
Last Modified:08 Jul 2010 11:20

Repository Staff Only: item control page