Persepsi Wanita Usia Dewasa Madya (40-49 tahun) Tentang Persiapan Menghadapi Masa Menopause di Kelurahan Sumurboto Kecamatan Banyumanik Kota Semarang – Jawa tengah

Hudiyawati, Dian (2008) Persepsi Wanita Usia Dewasa Madya (40-49 tahun) Tentang Persiapan Menghadapi Masa Menopause di Kelurahan Sumurboto Kecamatan Banyumanik Kota Semarang – Jawa tengah. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
71Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Usia harapan hidup masyarakat Indonesia meningkat, maka jumlah wanita yang mengalami menopause semakin banyak. Wanita masa menopause akan mengalami perubahan pada fisik dan kejiwaan. Perubahan-perubahan yang terjadi pada masa menopause sangat mengganggu, tetapi dengan persiapan dalam menghadapinya, wanita menopause dapat menikmati usia tuanya dalam kebahagiaan. Tujuan penelitian adalah mengetahui persepsi wanita usia dewasa madya tentang persiapan menghadapi masa menopause meliputi definisi, proses terjadinya menopause, tanda dan gejala, proses adaptasi selama memasuki masa menopause, serta persiapan menghadapi masa menopause. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif melalui pendekatan fenomologis karena ingin mendapatkan data dengan cara memahami pengalaman hidup manusia sebagai individu yang mengalami keadaan sebenarnya, dilakukan terhadap 3 informan dengan indepth interview dalam pengumpulan data.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:persepsi, wanita usia dewasa madya, persiapan menghadapi masa menopause
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:15995
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Jul 2010 10:27
Last Modified:07 Jul 2010 10:27

Repository Staff Only: item control page