HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KONDISI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

HIDAYAT , MUHAMMAD SUGENG (1999) HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KONDISI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Menurut Direktorat Bina Gizi Masyarakat (1994), gizi kurang banyak diderita oleh anak sekoalh yaitu sebesar 30%. Hasil survai terhadap 600.000 siswa SD diketahui bahwa siswa SD hanya mengkonsumsi sekitar 70% dari kebutuhan energi perhari. Padahal gizi kurang dapat menyebabkan gangguan motivasi belajar, gangguan kemampuan berkonsentrasi dan tidak bergairah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status gizi dankondisi belajar dengan prestasi belajar pada siswa SD. Kondisi belajar yang diteliti meliputi lama belajar, car abelajar, jarak rumah dengan sekolah dan kepemilikan pustaka/buku pelajaran. Penelitian ini emr eksplanatory survai dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel adalah siswa kelas V SD dengan jumlah 109 siswa yang berasal dari 2 SD. Data prestasi belajar diambil berdasarkan nilai rata-rata kumulatif mata ajaran Matematika pada rapor sisiwa pada Catur Wulan III tahun ajaran 1998/1999. status gizi siswa diukur berdasarkan hasil pengukuran berat badan dan tinggi badan siswa. Untuk membuktikan hipotesa penelitian digunakan uji korelasi dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Data lain yang dikumpulkan adalah lama belajar, cara belajar dan kepemilikan buku pelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan prestsi belajar siswa dengan p-value sebesar 0,032. demikian pula terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kepemilikan buku pelajaran dengan prestasi belajar. Ada hubungan status gizi siswa dengan prestasi belajarnya merupakan suatu indicator betapa pentingnya asupan zat gizi terutama energi dan protein di dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Oleh karena itu peranan orang tua siswa sangat diharapkan di dalam meningkatkan status gizi anak melalui kebiasaan sarapan pagi sebelum berangkat sekolah. Kata Kunci: PRESTASI BELAJAR, STATUS GIZI, KONDISI BELAJAR, SISWA SD

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:15167
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jun 2010 14:33
Last Modified:23 Jun 2010 14:33

Repository Staff Only: item control page