-
   
  Nomor 2  
Januari - Juni 2006
 
 
Home
Latar Belakang
Redaksi
Pedoman Penulisan
Puisi Media Medika Muda
Selamat Dies Natalis FK Undip ke-44
 
Kalender Kegiatan
Seminar Anakku Tidak Bisa Mendengar
Seminar Malpraktik IDI Jateng
Pengelolaan Gangguan Neurologis
Kalender Kegiatan
 
-
  Media Medika Muda  
-

 

SEMINAR ANAKKU TIDAK BISA MENDENGAR & WORKSHOP OAE/BERA

Bagian IK-THT-KL FK Undip bekerjasama dengan RS Dr. Kariadi Semarang, PERHATI Cabang Jawa Tengah Utara dan PT. ABDI Semarang, pada tgl 18 Februari 2006 telah menyelenggarakan simposium sehari Anakku Tidak Bisa Mendengar dan Workshop OAE/BERA.
Simposium dilaksanakan di Aula Dekanat FK Undip dan dihadiri 200 peserta yang terdiri dari: anggota PERHATI Cabang Jawa Tengah Utara, dokter spesialis anak, kepala instansi di lingkungan Kota Semarang serta orang tua-orang tua yang mempunyai anak dengan gangguan pendengaran.
Setelah acara simposium selesai dilanjutkan dengan Workshop OAE dan BERA yang diikuti 40 anggota PERHATI Cabang Jawa Tengah Utara. Sebagai pemandu workshop tersebut adalah dr Ronny Suwento Sp THT serta dibantu staf dari PT ABDI. Adapun penyelengaraan bertempat di Ruang CDC RS Dr Kariadi Semarang.

SEMINAR MALPRAKTIK IDI JATENG

Kasus malapraktik yang banyak disoroti media akhir akhir ini menjadi perhatian tersendiri bagi IDI. Tidak hanya kepercayaan masyarakat terhadap tenaga medis yang dipertaruhkan pada pemberitaan semacam ini, tetapi juga nama baik profesi kedokteran. Terlebih lagi jika dicermati, kebanyakan kasus yang ditampilkan oleh media seringkali baru merupakan kasus dugaan malapraktik dan belum terbukti secara hukum. Menanggapi masalah yang pelik ini, IDI wilayah Jawa Tengah mengadakan seminar "Pencegahan dan Penanganan Kasus Dugaan Malpraktik". Kegiatan yang mengambil tampat di Hotel Graha Santika Semarang ini menghadirkan Dr. Bantuk Hadiyanto, Sp.OG, Dr. Sofwan Dahlan, Sp.F, dan pakar-pakar hukum dan etika kedoktern lain sebagai pembicara. Pasca berlangsungnya seminar pada Sabtu, 4 Maret 2006, diharapkan para tenaga dokter mampu lebih membentengi diri dari berbagai masalah yang berujung pada dugaan malapraktik, dan mengerti apa yang harus dilakukan jika sampai harus menghadapi masalah tersebut.

PENGELOLAAN GANGGUAN NEUROLOGIS PADA LANSIA

Konsep Multiple causes, multiple diseases yang banyak terjadi pada Lansia merupakan tantangan tersendiri dalam dunia medis, tidak terkecuali dalam bidang Neurologi. Semakin tua umur seseorang tentu semakin rumit dan kompleks masalah neurologis yang dihadapi. Stroke, Dementia, dan pelbagai hal yang berhubungan dengan nyeri umum ditemui dalam praktek sehari-hari, dan memerlukan penanganan yang tepat dari tenaga yang berpengalaman.
Hal itulah yang diangkat dalam pertemuan ilmiah neurologi UNDIP, UNS, dan UGM ke-XXI tahun ini. Pertemuan yang bertajuk "Update management of neurological disorders in elderly" ini akan diadakan di kota Salatiga pada tanggal 8-9 april 2006. Sebagai pembicara, akan ditampilkan para pakar neurologi terkemuka seperti Prof. Dr.dr. Bambang Hartono Sp.S(K), Prof. Dr. dr Djoenaidi Widjaja Sp.S(K), dan Prof. Dr. dr. Lucas Meliala Sp.KJ, Sp.S(K).Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, dapat menghubungi kantorbagian Neurologi FK UNDIP.

www.m3.undip.org

Berdiri tahun 2005, dipublikasi oleh: Tim Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang