MEKANISME PEMUNGUTAN DAN PENAGIHAN PAJAK REKLAME DI DPPKA KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2004-2008

Atikah, Lis (2010) MEKANISME PEMUNGUTAN DAN PENAGIHAN PAJAK REKLAME DI DPPKA KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2004-2008. Undergraduate thesis, Fisip Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
14Kb

Abstract

Sebagai daerah yang memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan pemerintahannya sendiri, daerah juga memiliki sumber keuangan yang dapat dipungut dari daerah berdasarkan Peraturan Daerah yang dikenal dengan nama PAD. Salah satu sumber PAD yang potensial dalam memberikan kontribusinya bagi peningkatan PAD adalah Pajak Daerah yang menurut UU Nomor 18 Tahun 1997 terdiri dar Pajak Propinsi dan Pajak Kabupaten atau Kota. Dan dari jenis pajak tersebut, pajak reklame merupakan salah satu jenis pajak yang dianggap mempunyai nilai yang potensial dalam kontribusinya terhadap PAD yang terdapat di kabupaten atau kota. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menyajikan data, menganalisis dan menginterpretasi juga bersifat komperatif dan korelatif. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah secara sistematis dan faktual mengenai fakta-fakta yang ada. Dan data yang digunakan adalah data kualitatif yang berupa non angka seperti catatan dan dokumen. Agar bisa mengoptimalkan pajak reklame yang dianggap memiliki potensi dan prospek yang baik tersebut, perlu proses pemungutan dan penagihan pajak reklame yang sesuai dengan peraturan baik yang ditetapkan oleh pusat maupun daerah. Sehingga petugas pajak dalam melakukan pekerjaanya tidak menyimpang dari peraturan tersebut serta para wajib pajak juga dapat membayarkan pajaknya tepat pada waktunya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:14259
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Jun 2010 08:55
Last Modified:14 Jun 2010 08:56

Repository Staff Only: item control page