Persepsi Para Pemangku Kepentingan (stakeholders) Terhadap Kinerja KPUD Jateng dalam Pemilu Tahun 2009

Aliandro, Aliandro (2009) Persepsi Para Pemangku Kepentingan (stakeholders) Terhadap Kinerja KPUD Jateng dalam Pemilu Tahun 2009. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
68Kb

Abstract

Akhir-akhir ini sering terdengar berita yang kurang baik tentang kinerja Komisi Pemilihan Umum dalam menyelenggarakan Pemilu. Tidak sedikit masalah yang sering diberitakan di media, bahkan lebih banyak berita mengenai buruknya penyelenggaraan Pemilu 2009 daripada berita yang baik mengenai kinerja KPUD Jawa Tengah dalam Pemilu 2009. Permasalahan-permasalahan seperti ini akan mendapatkan dampak yang sangat besar bagi sebuah organisasi seperti Komisi Pemilihan Umum. Kepercayaan publik terhadap Komisi Pemilihan Umum akan menjadi negatif di mata masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi para pemangku kepentingan (stakeholders) terhadap kinerja Komisi Pemilihan Umum. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, untuk menggambarkan tentang karakteristik (ciri-ciri) individu, situasi atau kelompok tertentu. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yakni, data yang konkret (tangible) dan terukur. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan sarana kuesioner kepada 60 responden yang terdiri dari; 15 parpol,15 media, 15 Dinas dan Instansi Pemerintah, dan 15 Perguruan Tinggi. pengambilan sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling yaitu pengambilan sampel anggota populasi dengan peluang yang sama dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi Dari hasil penelitian yang dilakukan, ternyata para stakeholders menilai kinerja dari KPUD Jateng adalah baik, karena dari keseluruhan persepsi para pemangku kepentingan sebesar 51,7 % responden yang diteliti menilai baik terhadap kinerja KPUD Jateng. Sebesar 20 % responden menilai bahwa kinerja KUPD Jateng dirasa baik, sebanyak 21,7 % mengatakan cukupa baik, dan 5 % dari responden menilai kurang baik. Namun sebesar 1,7 % responden mengatakan bahwa kinerja KPUD Jateng adalah sangat tidak baik. Persepsi para stakeholders dapat dikatakan baik dikarenakan mayoritas para stakeholders merasa puas terhadap kinerja yang diberikan oleh KPUD Jateng yang dapat dilihat dari segi realibility (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (keyakinan), emphaty (empati), dan tangible (berwujud) KPUD Jateng. Dari lima dimensi yang ada dapat disimpulkan bahwa sebagian besar para stakeholders merasa puas akan kinerja KPUD Jateng dalam melaksanakan dan menyelenggarakan pemilu tahun 2009. Hal ini dapat menimbulkan kepercayaan dan keyakinan para stakeholders terhadap KPUD Jateng sebagai penyelenggara pemilu yang baik. Suatu keharusan bagi KPUD Jateng dalam mempertahankan dan selalu meningkatkan kinerjanya dari lima dimensi tersebut agar persepsi para stakeholders tetap baik terhadap KPUD Jateng, sehingga KPUD Jateng memiliki citra yang positif di mata seluruh para pemangku kepentingan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:14079
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Jun 2010 10:18
Last Modified:11 Jun 2010 10:18

Repository Staff Only: item control page