PENYELENGARAAN EVENT MODIF STATION 2009

Diah Kartikasari, Jatu (2009) PENYELENGARAAN EVENT MODIF STATION 2009. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
90Kb

Abstract

Penyelengaraan event merupakan salah satu alat dalam komunikasi pemasaran. Penyelenggaraan event sebagai salah satu alat dalam bauran komunikasi pemasaran mulai dilirik oleh perusahaan-perusahaan dalam melakukan promosi atas produk barang atau jasa mereka. Penyelengaraan event bisa dilakukan oleh perusahaan itu sendiri ataupun dalam bentuk kerjasama sponsorship. Penyelengaran event memiliki pengaruh yang besar karena keterlibatan target audience didalamnya. Keunggulan dari penggunaan alat komunikasi pemasaran melalui penyelengaraan event antara lain dapat berinteraksi langsung dengan target audience, memperkenalkan citra perusahaan dengan produknya secara langsung, menciptakan pengalaman (experience) dari event yang dilaksanakan dengan melibatkan mood dan emosi target audience, dapat digunakan sebagai sarana kegiatan CSR perusahaan, konsumen yang hadir di sebuah event dapat mendorong penyebaran aktivitas Word of Mouth kepada orang-orang sekitarnya, serta event menjadi sarana edukasi tentang produk ke masyarakat Menelaah penyelengaraan event sebagai alat promosi, tim menyelengarakan event yang mempunyai tujuan komunikasi untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap jurusan Ilmu Komunikasi, Fisip, Undip. Dalam event ini melibatkan sponsor, dimana timbal balik yang akan diperoleh bagi sponsor adalah meningkatkan brand awareness, meningkatkan pengertahuan masyarakat (knowledge) terhadap produk sponsor serta merangsang penjualan (sales). Event dengan nama Modif Station 2009 berusaha mewujudkan tujuan penyelengaraan event yang dilaksanakan dengan menggandeng komunitas tertentu. Modif Station 3009 merupakan event yang menggabungkan 3 macam lomba yaitu lomba modifikasi motor, lomba fotografi dan lomba dance dimana ada promosi yang tinggi terhadap jurusan ilmu komunikasi, Fisip, Undip. Pada saat pelaksanaan event Modif Station 2009 dipandu oleh MC yang interaktif yaitu MC selalu mengajak partisipasi pengunjung dan secara continue mengunjungi peserta lomba modifikasi yang berada di stand motor dan mewawancarai sponsor yang mengisi stand. Pesan tentang promosi Jurusan Ilmu Komunikasi intensif dikomunikasikan oleh MC. Salah satu yang dilakukan oleh MC adalah membuat tagline ‘Komunikasi YESS’. Tagline ini wajib diucapkan oleh pengujung dan peserta sebagai password untuk mengikuti games interaktif yang dipandu oleh MC. MC juga menyampaikan keuntungan-keuntungan bila kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Undip, melalui adlips dan testimonial mahasiswa komunikasi FISIP, Undip. Salah seorang mahasiswa Komunikasi, FISIP, Undip diwawancarai oleh MC tentang pengalaman dan suka dukanya berkuliah di Komunikasi, FISIP, Undip. Selain itu MC juga membuat pertanyaan yang berisi seputar Jurusan Komunikasi, FISIP, Undip. Pelaksanaan event secara keseluruhan bisa dikatakan sukses, untuk lomba modifikasi motor diikuti oleh 66 peserta dengan 76 kelas lomba. Untuk lomba fotografi diikuti oleh 28 peserta sedangkan untuk dance competition diikuti oleh 8 kelompok. Sponsor yang terlibat dalam event ini antara lain ASTRA Honda Motor, AXIS, Coca Cola, Omah Ngeprint, Kedai Digital, Green Java Digital Printing, Hotel Grasia dan media partner (Ototrend, TRAX FM,TVKU) dan para penyewa stand Indikator keberhasilan event diukur dari 4 indikator yaitu tingkat kepuasan; junlah partisipan; peroide waktu serta budgetting. Tingkat kepuasan di ukur dari tingkat kepuasan peserta lomba; pengunjung; sponsor serta penyewa stand. Sedangkan jumlah partisipan diukur dari jumlah peserta lomba dan jumlah pengunjung modif station 2009

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:14052
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Jun 2010 09:24
Last Modified:11 Jun 2010 09:24

Repository Staff Only: item control page