Perbandingan Uji Alkali Dilusi DenganUji Formalin Pada Darah Tikus Wistar Setelah Terpapar Asap Knalpot Dengan Kadar CO 1800 ppm Selama 4 Jam

Noor, Fella Sufa (2009) Perbandingan Uji Alkali Dilusi DenganUji Formalin Pada Darah Tikus Wistar Setelah Terpapar Asap Knalpot Dengan Kadar CO 1800 ppm Selama 4 Jam. Undergraduate thesis, Medical Faculty.

[img]
Preview
PDF
86Kb

Official URL: http://www.fk.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Karbon Monoksida (CO) adalah racun yang berbentuk gas. CO sendiri mempunyai afinitas 300 kali dari pada oksigen. Sebagai akibat perubahan Hb menjadi carboksi Hb, kemampuan mengangkut oksigen berkurang sehingga menimbulkan hipoksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa adanya perubahan pada darah secara makroskopis. Metoda: penelitian ini adalah penelitian experimental dengan metoda Crosstabs dengan menggunakan uji Cohnn’s Kappa. Sampel terdiri dari 10 ekor tikus wistar jantan diadaptasi selama 7 hari. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1, 5 ekor tikus sebagai kelompok perlakuan, sedangkan kelompok 2, 5 ekor tikus kelompok kontrol. Kemudian dilakukan pengambilan darah pada kelompok kontrol, selanjutnya setelah dipapar asap knalpot, kelompok perlakuan diambil darahnya, kemudian dilakukan uji alkali dilusi dan uji formalin, lalu bandingkan dengan darah kontrol. Data diperoleh dengan melihat perubahan warna darah tikus wistar setelah terpapar. Data dianalisis dengan SPSS 15 for windows. Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan adanya kesamaan antara kedua uji tersebut, dimana kelompok perlakuan: +/+=4, +/-=0, -/-=1, pada kedua variabel ini didapatkan hasil yang tingkat reliabilitasnya istimewa (k=1.0). Kesimpulan: Terdapat kesesuaian antara uji alkali dilusi dengan uji formalin.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Uji alkali dilusi dengan uji formalin, darah tikus wistar, kadar CO, lama paparan.
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:13508
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Jun 2010 08:48
Last Modified:07 Jun 2010 08:52

Repository Staff Only: item control page