PERBEDAAN STATUS GIZI (IMT, TB/U, KADAR HEMOGLOBIN) DAN KESEGARAN JASMANI (VO2 max) ANTARA SISWA PRESTASI DAN NON PRESTASI DI SEKOLAH SEPAK BOAL (SSB) TUGU MUDA SEMARANG (STUDI PADA SISWA KELOMPOK UMUR 13 TAHUN)

KHANIFA, FARIDA NUR (2002) PERBEDAAN STATUS GIZI (IMT, TB/U, KADAR HEMOGLOBIN) DAN KESEGARAN JASMANI (VO2 max) ANTARA SISWA PRESTASI DAN NON PRESTASI DI SEKOLAH SEPAK BOAL (SSB) TUGU MUDA SEMARANG (STUDI PADA SISWA KELOMPOK UMUR 13 TAHUN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
14Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan status gizi yang diukur dengan IMT, TB/U, dan kadar Hemoglobin dan mengetahui perbedaan kesegaranjasmani melalui pengukuran nilai VO2 max pada siswa prestasi dan nonprestasi. Penelitian termasuk explanatory research, metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah siswa sekolah sepak bola tugu muda semarang kelompok umur 13 tahun, sample penelitian adalah seluruh populasi dengan pengambilan sample secara purposive. Pengolahan data dilakukan dengan program SPSS dan diuji menggunakan uji t untuk IMT. Tb/u, dan kadar hemoglobin, dan uji Man-Whitney untuk pengukuran VO2 max. Jenis penelitian menunjukkan nilai IMT rata-rata siswa prestasi 16,65 Kg/m2 dan siswa non prestasi 16,91 Kg/m2. Nilai rata-rata z-score yang diukur dengan indicator tb/u pada siswa berprestasi – 1,01 dan non prestasi –0,9. kadar hemoglobin pada siswa berprestasi 14,56 g/dL dan siswa non prestasi 13,80 g/dL. Nilai rata-rata VO2 max pada isswa prestasi adalah 36,28 ml/kg/menit dan siswa non prestasi 32,43 ml/kg/menit. Dari uji statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan bermakna status gizi antara siswa prestasi dengan non prestasi dengan p value 0,56 dan 0,63. sedangkan untuk pengukuran status gizi dengan menggunakan kadar hemoglobin terdapat perbedaan bermakna antara keduanya dengan p value 0,04. VO2 max pada siswa berprestasi maupun non prestasi menunjukkan perbedaan bermakna dengan p value 0,01. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa prestasi SSB tugu muda ternyata memiliki kadar hemoglobin dan VO2 max yang lebih baik dibandingkan siswa non prestasi. Latihan dengan frekuensi yang sama perminggu antara siswa prestasi dan non prestasi mungkin dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai VO2 max siswa. Disamping itu perlu adanya penelitian untuk meneliti faktor determinan yang mempengaruhi kadar Hb siswa. Kata Kunci: IMT, TB/U, KADAR HEMOGLOBIN, VO2 max, SISWA SEKOLAH SEPAK BOLA TUGU MUDA

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:13417
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:04 Jun 2010 10:06
Last Modified:04 Jun 2010 10:06

Repository Staff Only: item control page