PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP INTENSITAS KUNJUNGAN MAHASISWA KE PERPUSTAKAAN PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Catur Astuti, Rakhmadani (2006) PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP INTENSITAS KUNJUNGAN MAHASISWA KE PERPUSTAKAAN PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
19Kb

Abstract

ABSTRAK Perpustakaan perguruan tinggi merupakan salah satu unsur penunjang tercapainya visi dan misi perguruan tinggi serta menunjang tujuan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dalam prakteknya di lapangan, terdapat kecenderungan rendahnya mobilitas dalam mencari sumber informasi pada mahasiswa. Mengunjungi perpustakaan belum menjadi perilaku yang melembaga di kalangan mahasiswa. Salah satu usaha yang diduga dapat meningkatkan intensitas kunjungan ke perpustakaan adalah penggunaan musik klasik sebagai backsound di dalam ruang perpustakaan. Iramanya yang pelan mampu membawa gelombang otak berada pada kisaran Alpha. Kondisi tubuh pada kisaran ini berada pada keadaan yang tenang dan optimal untuk belajar. Dengan demikian diasumsikan, penggunaan backsound dapat meningkatkan frekuensi dan lama kunjungan ke perpustakaan. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen kuasi Non-randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Kelompok eksperimen terdiri dari sembilan subjek yang berkunjung pada saat pengambilan data awal, saat perlakuan diberikan serta berkunjung pada saat pengambilan data akhir dan kelompok kontrol terdiri dari 17 subjek yang berkunjung pada saat pengambilan data awal dan akhir tetapi tidak berkunjung pada saat perlakuan. Subjek penelitian adalah anggota perpustakaan PS. Psikologi Universitas Diponegoro yang sedang berkunjung ke perpustakaan Psikologi Universitas Diponegoro. Metode analisis yang digunakan adalah Mann-Whitney Test dan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasilnya pada kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan frekuensi kunjungan yang signifikan sebesar 5,06 sedangkan pada kelompok kontrol tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Durasi kunjungan kelompok eksperimen juga mengalami peningkatan sebesar 2,78. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Mann-Whitney Test dan hasilnya adalah p=0,000 artinya ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Perbedaan frekuensi kunjungan sebesar 10,54 dan perbedaan durasi kunjungan sebesar 7,05.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:12991
Deposited By:Soetarto
Deposited On:02 Jun 2010 12:31
Last Modified:02 Jun 2010 12:31

Repository Staff Only: item control page