Hubungan pengetahuan perawat tentang standar pelayanan keperawatan dengan pelaksanaan standar operasional prosedur pasien baru di ruang rawat inap Rumah Sakit Dr. OEN Surakarta

Susilowati, Tri (2008) Hubungan pengetahuan perawat tentang standar pelayanan keperawatan dengan pelaksanaan standar operasional prosedur pasien baru di ruang rawat inap Rumah Sakit Dr. OEN Surakarta. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
70Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Latar belakang Pengetahuan merupakan hasil tahu dan ini terjadi setelah orang mengadakan penginderaan terhadap suatu obyek tertentu. Standar pelayanan keperawatan adalah norma atau penegasan tentang mutu pekerjaan perawat yang di anggap baik, tepat dan benar, yang dirumuskan sebagai pedoman pemberian asuhan keperawatan serta merupakan tolok ukur dalam penilaian penerapan kerja seorang perawat. SOP adalah suatu perangkat instruksi atau langkah-langkah kegiatan yang dibakukan untuk memenuhi kebutuhan tertentu klien. Tujuan Untuk mengetahui hubungan pengetahuan perawat tentang standar pelayanan keperawatan dengan pelaksanaan SOP orientasi pasien baru di ruang rawat inap Rumah Sakit Dr. OEN Surakarta. Metodologi Jenis penelitian non eksperimental, dengan desain penelitian korelasi (cross sectional) antara pengetahuan perawat tentang pelayanan keperawatan sebagai variabel bebas dan pelaksanaan SOP orientasi pasien baru sebagai variabel terikat, 42 perawat dengan masa kerja lebih dari 5 tahun dan berpendidikan DIII keperawatan sebagai sampel yang dilaksanakan di ruang rawat inap Rumah Sakit Dr. OEN Surakarta. Hasil penelitian. Pengetahuan perawat tentang standar pelayanan keperawatan 61,9% berpengetahuan tinggi dan 38,1% berpengetahuan rendah. Pelaksanaan SOP orientasi pasien baru 71,4% baik dan 28,6% buruk. Hubungan pengetahuan perawat tentang standar pelayanan keperawatan dengan pelaksanaan SOP orientasi pasien baru, pengetahuan rendah pelaksanaan buruk 56,3%, pengetahuan rendah pelaksanaan baik 43,8%. Sedangkan pengetahuan tinggi pelaksanaan baik 88,5% pengetahuan tinggi pelaksanaan buruk 11,5%. Kesimpulan Ada hubungan antara pengetahuan perawat tentang standar pelayanan keperawatan dengan pelaksanaan SOP orientasi pasien baru di ruang rawat inap Rumah Sakit Dr. OEN Surakarta karena terbukti p 0,002 < 0,05.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10344
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 May 2010 10:38
Last Modified:07 May 2010 10:38

Repository Staff Only: item control page