Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Fak- Fak

Atanay, Ruth Susana (2008) Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Fak- Fak. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
67Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan keperawatan kesehatan pada rumah sakit merupakan salah satu pelayanan yang sangat penting dan berorientasi pada tujuan yang berfokus pada penerapan asuhan keperawatan yang berkualitas, sehingga dapat memberikan suatu pelayanan yang berkualitas kepada pasien yang menggunakan jasa. Kemampuan memberikan pelayanan asuhan keperawatan secara profesional sesuai standar keperawatan sangat tergantung pada bagaimana kinerja perawat rumah sakit dalam menerapkan standar asuhan keperawatan di rumah sakit. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode survei.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi dengan kinerja perawat rumah sakit rawat inap dalam melaksakan standar asuhan keperawatan. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang memuat tentang pengetahuan, motivasi dan kepemimpinan pada 40 responden yaitu seluruh perawat yang bekerja di Rumah Sakit Umum Fakfak pada ruang rawat inap. Hasil: Hasil penelitian menunjukan faktor yang mempengaruhi dengan kinerja perawat Rumah Sakit Umum Fakfak dalam melaksanakan asuhan keperawatan adalah pengetahuan tentang standar asuhan keperawatan rendah 47,5% ,sedang 25,0%,tinggi 27,5%, Motivasi kurang 20,0%,sedang 60,0%, tinggi 20,0%, Kepemimpinan kurang 12,5%,sedang 72,5%, baik 15,0%. Kesimpulan dan Saran : Data menunjukan bahwa perawat Rumah Sakit Umum Fakfak memiliki pengetahuan tentang standar asuhan keperawat adalah rendah 47,5%, motivasi sedang 60%, dan Kepemimpinan kepala ruangan pada ruang rawat inap sedang 72,5% sehingga perlu ditingkatkan pengetahuan, motivasi dan kepemimpinan perawat yang ada yaitu dengan pelatihan, pembinaan, dan adanya pembentukan tim untuk pelaksanaan standar asuhan keperawatan sehingga dapat menciptakan pelayanan yang berkualitas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10322
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 May 2010 09:57
Last Modified:07 May 2010 09:57

Repository Staff Only: item control page