Stres dan Koping Perawat pada Penanganan Pasien Perilaku Kekerasan diInstalasi Rawat Inap RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang

Kusumawati, Aisyah (2008) Stres dan Koping Perawat pada Penanganan Pasien Perilaku Kekerasan diInstalasi Rawat Inap RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
77Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang. Perilaku kekerasan merupakan salah satu manifestasi dari gangguan jiwa yang menyebabkan penderita dirumahsakitkan. Perawat rawat inap yang bekerja 24 jam lebih banyak terlibat dalam pencegahan dan penanganan perilaku kekerasan. Perawat psikiatri dihadapkan dengan tuntutan kerja yang profesional sejalan dengan resiko terkena serangan perilaku kekerasan yang menyebabkan stres psikis dan fisik yang significant. Perawat membutuhkan koping untuk menghadapi stres tersebut. Tujuan. Mengetahui stres dan koping perawat pada pasien perilaku kekerasan di Instalasi Rawat Inap RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, melibatkan 4 orang sebagai responden dan dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Hasil. Pengertian perilaku kekerasan sebagai perilaku yang membahayakan diri orang lain dan lingkungannya, respon perawat saat berhadapan dengan pasien perilaku kekerasan dan penanganannya, bentuk-bentuk perilaku kekerasan yang pernah dialami perawat, penyebab pasien melakukan perilaku kekerasan di ruang rawat inap, penyebab stres perawat dalam penanganan pasien dengan perilaku kekerasan, stres perawat pada penanganan pasien perilaku kekerasan meliputi sedih, denial, emosi, marah, kelelahan, lebih waspada, intonasi suara jadi tinggi, berpikir tidak realistis, dan khawatir. Koping perawat untuk mengatasi stres pada penanganan perilaku kekerasan terdiri dari koping berfokus pada tugas seperti sharing, berpikir positif, mencari informasi tentang perilaku kekerasan, dan koping berfokus pada emosi seperti berdoa, merokok, banyak tidur dan rekreasi. Kesimpulan. Stres dan koping perawat dapat diatasi dan diperbaiki dengan pelatihan penanganan pasien perilaku kekerasan dan support system.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10270
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 May 2010 17:43
Last Modified:06 May 2010 17:43

Repository Staff Only: item control page