Hubungan antara terapi minum air putih dengan penurunan nyeri dysmenorrhea pada remaja putri di Panti Asuhan Nurul Huda Az-Zuhdi Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang

Indriastuti, Diah (2008) Hubungan antara terapi minum air putih dengan penurunan nyeri dysmenorrhea pada remaja putri di Panti Asuhan Nurul Huda Az-Zuhdi Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
105Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Dysmenorrhea adalah nyeri perut yang berasal dari kram rahim, di bagian bawah perut, punggung bawah dan paha yang timbul sebelum, bersamaan atau segera setelah haid. Berbagai upaya dicoba untuk mengatasi dysmenorrhea. Salah satu cara yang aman dan efektif adalah menggunakan terpai minum air putih. Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan hubungan terapi air minum putih dengan penurunan nyeri dysmenorrhea remaja putrid sebelum dan sesudah diberikan terapi minum air putih. Model kuantitatif dengan pendekatan quasy experiment terangkai dengan design one group pre and post test design without group control digunakan dalam penelitian ini.jumlah responden didaptkan menggunakan teknik Purposive sampling dan menganalisa hubungan terapi minum air putih dengan penurunan nyeri dysmenorrhea pada remaja menggunakan rumus uji statistic Run-Test. Lembar observasi modifikasi kata sederhana digunakan untuk mengidentifikasi nyeri diantara responden. Usia remaja pertengahan adalah responden terbanyak sejumlah 54.54%. Nyeri sedang memiliki jumlah responden terbesar sebanyak 45.45 % sebelum diberikan terapi minum air putih. Setelah diberikan terapi minum air putih, karakteristik tidak nyeri adalah jumlah terbanyak sebesar 59.1 %. Analisa Run-Test membuktikan bahwa terapi minum air putih berhubungan dengan penurunan skala nyeri dysmenorrhea dengan p value 0, 05 dan nilai z kritis 0, 0885.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10265
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:06 May 2010 16:38
Last Modified:06 May 2010 16:38

Repository Staff Only: item control page