Hubungan Pola Asuh orang Tua Dengan Temperamen Anak usia Sekolah di SDN 02 Singkawang Tengah Kalimantan Barat

Firmansyah, - (2008) Hubungan Pola Asuh orang Tua Dengan Temperamen Anak usia Sekolah di SDN 02 Singkawang Tengah Kalimantan Barat. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
77Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Salah satu faktor dalam keluarga yang mempunyai peranan penting dalam pembentukan kepribadian adalah praktik pengasuhan anak. Terdapat tiga gaya perlakuan / pengasuhan orang tua terhadap anaknya yaitu otoriter, permisif, dan demokratis. Praktik pengasuhan anak yang diterapkan oleh orang tua akan mempengaruhi pembentukan kepribadian anak, salah satunya adalah temperamen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan temperamen anak usia sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner untuk mengetahui variabel pola asuh orang tua dan temperamen anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan responden sesuai kriteria inklusi sebanyak 78 responden. Hasil penelitian didapatkan bahwa dari 78 responden, pola asuh demokratis diterapkan oleh 74 orang tua (94.9 %) dan pola asuh permisif oleh 4 orang tua (5.1%). Temperamen anak usia sekolah (6 – 7 tahun) yang memiliki temperamen mudah yaitu sebanyak 58 anak (74.4%) dan temperamen lambat 20 anak (25.6%). Hasil uji analisa secara statistik hubungan antara pola asuh orang tua dengan temperamen anak usia sekolah dengan menggunakan uji Chi Square dengan tingkat kesalahan (alpha) 0,05. Diperoleh hasil yang signifikan (p=0,000) yang berarti p value < 0,05, maka Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan temperamen anak usia sekolah. Perlunya sosialisasi kepada orang tua tentang perilaku pola asuh yang tepat untuk anak usia sekolah khususnya usia 6 – 7 tahun. Keberhasilan pola asuh demokratis harus pula ditunjang oleh peran pembinaan oleh para guru di sekolah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10260
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 May 2010 16:25
Last Modified:06 May 2010 16:25

Repository Staff Only: item control page