Hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan perilaku stimulasi perkembangan anak usia pra sekolah di TK/Play group Hidayah masjid Agung Karanganyar

Subekti, Ibnu (2008) Hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan perilaku stimulasi perkembangan anak usia pra sekolah di TK/Play group Hidayah masjid Agung Karanganyar. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
79Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Pengetahuan atau kongnitif merupakan suatu dasar yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan seseorang. Pengetahuan yang dicakup di dalam kognitif mempunyai 6 tingkat yakni tahu, memahami, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi. Keadaan tersebut dapat terjadi pada individu yang diperoleh dari pengalaman diri sendiri, orang lainmaupun lingkungan. Disamping itu juga dapat dipengaruhi oleh faktor karakteritik ibu itu sendiri dimana ibu merupakan orang pertama atau guru utama yang dekat dengan anak sehingga seorang ibu harus mengetahui cara stimulasi perkembangan anak khususnya anak usia pra sekolah. Pemberian stimulus dapat dilakukan dengan latihan dan bermain.selain stimulus juga didukung perkembangan pada anak mencakup banyak aspek yang komplek antara lain perkembangan motorik, perkembangan bahasa, perkembangan sosial dan perilaku. Tujuan : Untuk mengetahui apakah peran orang tua khususnya ibu sangat berperan dengan perilaku stimulas perkembangan anak usia pra sekolah, dilakukan penelitian tentang “Hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan perilaku stimulasi perkembangan anak usia pra sekolah di TK/Play group Hidayah masjid Agung Karanganyar”. Metode : Desain penelitian ini mengguanakan jenis kuantitatif bersifat analitik non eksperimen dengan pendekatan cross sectional. Alat yang digunakan dalam pengungumpulan data dengan kuesioner. Hasil : Penelitian yang didapat dengan analisa univarat dan bivariat bahwa pengetahuan tentang perkembangan anak terhadap perilaku stimulasi anak usia pra sekolah terdapat hubungan yang signifikan (probabilitas value penelitian (α =0,000) < probabilitas value peneliti (α =0,05). Kesimpulan : Didalam karakteristik ibu yang meliputi umur, pendidikan, jumlah anak tidak ada pengaruhnya namun untuk pengetahuan dengan perilaku stimulasi terdapat hubungan. Untuk itu diperlukan penelitian lanjut tentang faktor-faktor lain seperti pengalaman, sosial ekonomi, pekerjaaan dan yang lainnya sebagai pembanding hasil yang telah diperoleh.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10257
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:06 May 2010 16:16
Last Modified:06 May 2010 16:16

Repository Staff Only: item control page