PENGARUH KETIDAKPASTIAN TUGAS DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN YANG DIPERSEPSIKAN TERHADAP HUBUNGAN INFORMASI AKUNTANSI DENGAN KINERJA MANAJER (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Makanan dan Minuman di Indonesia)

Anwar, Kasyful (2004) PENGARUH KETIDAKPASTIAN TUGAS DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN YANG DIPERSEPSIKAN TERHADAP HUBUNGAN INFORMASI AKUNTANSI DENGAN KINERJA MANAJER (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Makanan dan Minuman di Indonesia). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2478Kb

Abstract

The main objective of this research is to find the relationship between managerial performance and the effect of moderating variables (task uncertainty and perceived environmental uncertainty) on the relationship between accounting information and managerial performance. The 41 respondents of financial, marketing and production manager from food and beverages manufacturing companies listed on Jakarta Stock Exchange. The analysis of multiple regression was invoked by the study Moderating Regression Analysis with deviation approach is employed to ascertain the moderating role of perceived environmental and task uncertainty The results of indicated that there was a direct relationship between accounting information and managerial performance. Furthermore, this study showed that reliance on accounting information did not affect to the manager's performance when higher in the task uncertainty or the perceived environmental uncertainty. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengamh langsung informasi akuntansi dengan kinerja manajer dan pengaruh variabel moderating (ketidakpastian tugas dan ketidakpastian lingkungan yang dipersepsikan) terhadap hubungan informasi akuntansi dengan kinerja manajer. Empat puluh satu responden dari manager produksi, pemasaran dan keuangan dari perusahaan manufaktur makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Analisis regresi berganda digunakan melalui Moderating Regression Analysis dengan pendekatan deviasi yang digunakan untuk mengetahui adanya peran moderasi ketidakpastian lingkungan yang dipersepsikan dan ketidakpastian tugas. Hasil penelitian ini membuktikan hubungan langsung antara informasi akuntansi dan kinerja manajer. Lebih lanjut, penelitian ini membuktikan bahwa ketergantungan terhadap informasi akuntansi tidak berpengaruh terhadap kinerja manajer pada saat ketidakpastian tugas tinggi dan ketidakpastian lingkungan yang dipersepsikan tinggi.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting
ID Code:10214
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 May 2010 12:05
Last Modified:06 May 2010 12:05

Repository Staff Only: item control page