Studi Fenomenologi Motivasi Lansia Dalam Memanfaatkan Posyandu Lansia di Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar

Fuadi, Hasan (2009) Studi Fenomenologi Motivasi Lansia Dalam Memanfaatkan Posyandu Lansia di Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
72Kb

Official URL: http://www.keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Peningkatan jumlah lansia berdampak pada meningkatnya pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada lansia, salah satunya yaitu posyandu lansia. Peningkatan jumlah pelayanan kesehatan tersebut tidak diimbangi minat atau motivasi lansia untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan tersebut. Fokus penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi lansia dalam memanfaatkan posyandu lansia, yang terdiri dari faktor internal dan eksternal. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat fenomenologi. Populasi adalah lansia usia 60 tahun atau lebih. Sampel dilakukan secara purposive berjumlah 5 orang dan pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Hasil penelitian didapatkan tema: faktor- faktor yang menyebabkan meningkatnya motivasi lansia dalam memanfaatkan posyandu lansia, persepsi lansia tentang kesulitan atau hambatan dalam mengikuti posyandu lansia, dan harapan lansia kepada petugas kesehatan. Dengan lansia mengetahui pengertian dan manfaat diadakannya posyandu lansia, lansia menjadi termotivasi untuk mengikuti posyandu lansia, selain itu dukungan pasangan dan keluarga juga menimbulkan motivasi bagi lansia. Lansia juga mengalami hambatan dalam memanfaatkan posyandu lansia, yaitu lansia sering kelupaan karena faktor usia, ada kepentingan lain sehingga lansia tidak bisa ikut serta, dan tidak adanya sarana transportasi bagi lansia. Bagi keluarga seharusnya selalu mengingatkan jadwal posyandu lansia dan bagi petugas, penyuluhan tentang posyandu lansia juga sangat penting untuk menambah pengetahuan sehingga menambah motivasi, selain itu perlu juga kegiatan selain kegiatan yang sudah ada untuk menambah kualitas pelaksanaan posyandu lansia.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10167
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:06 May 2010 09:17
Last Modified:06 May 2010 09:17

Repository Staff Only: item control page