Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pasien Untuk Pulang Atas Permintaan Sendiri (PAPS) di Rumah Sakit Umum Derah Sultan Imanuddin Pangkalan Bun

Syariyansyah, Gusti Muhammad (2009) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pasien Untuk Pulang Atas Permintaan Sendiri (PAPS) di Rumah Sakit Umum Derah Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
113Kb

Official URL: http://www. keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Latar belakang : Pasien sebagai pengguna jasa pelayanan keperawatan menuntut pelayanan yang sesuai dengan haknya, yakni pelayanan keperawatan yang bermutu dan paripurna. Sebagian besar pasien di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun mengeluhkan tentang harga obat yang mahal, biaya rawat inap yang mahal, tarif tindakan medis yang mahal, masa penyembuhan yang lama, rasa tidak suka terhadap sikap petugas dan respon petugas yang lambat terhadap keluhan pasien sehingga banyak yang pulang APS. Metode : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh . secara survey di Ruang VIP, Zal Dalam, Zal Bedah, ICU dan kebidanan RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Sampel sejumlah 32 orang sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Data-data dianalisis secara univariat (dengan distribusi frekuensi) dan ditampilkan dalam bentuk tabel dengan narasi. Hasil : Pasien yang pulang APS di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun : 62,5 % berusia dewasa akhir dengan usia rata-rata 43,47; 53,1 % berpendidikan tinggi dengan pendidikan rata-rata menengah; 56,3 % berpendapatan sedang dengan pendapatan rata-rata Rp. 1.418.750,- / bulan; 53,1 % dirawat antara 1 sampai 2 minggu dengan rata-rata lama rawat 8,91 hari; 71,9 % merasakan kepuasan yang rendah dengan kepuasan rata-rata yang juga rendah; 65,6 % memperoleh pelayanan yang rendah dengan pelayanan rata-rata yang juga rendah. Kesimpulan : Pasien-pasien yang berusia sekitar 43 tahun cenderung tidak kooperatif, tidak sabar, pengkritik dan banyak menuntut karena dipengaruhi tingkat pendidikan rata-rata menengah sehingga konsep sehat yang diyakini kadang berbeda dengan yang berpendidikan tinggi. Akses pelayanan kesehatan yang lebih baik dan lebih memuaskan membuat pasien yang berpendapatan menengah ke atas memilih APS, terutama bila dalam waktu 8 sampai 9 hari tidak memperoleh kepastian kondisi serta prognosis penyakitnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10153
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:06 May 2010 08:46
Last Modified:06 May 2010 08:46

Repository Staff Only: item control page