HUBUNGAN TINGKAT KECUKUPAN ENERGI, PROTEIN, VITAMIN A DAN IODIUM MAKANAN JAJANAN DENGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR THE CORRELATION OF ENERGY, PROTEIN, VITAMIN A AND IODINE CONSUMPTION LEVEL OF STREET FOOD WITH NUTRITIONAL STATUS OF ELEMENTARY SCHOOLCHILDREN

PURWANTI, SITI (2005) HUBUNGAN TINGKAT KECUKUPAN ENERGI, PROTEIN, VITAMIN A DAN IODIUM MAKANAN JAJANAN DENGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR THE CORRELATION OF ENERGY, PROTEIN, VITAMIN A AND IODINE CONSUMPTION LEVEL OF STREET FOOD WITH NUTRITIONAL STATUS OF ELEMENTARY SCHOOLCHILDREN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
14Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Transisi gizi ditandai dengan bergesernya diet tradisional ke arah diet terindustrialisasi dengan kualitas makanan bervariasi termasuk makanan jajanan dan anak sekolah merupakan salah satu kelompok yang terpapar makanan jajanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kecukupan energi, protein, vitamin A dan iodium makanan jajanan dengan status gizi pada anak SD di SDN 1 Trisobo dan SDN 2 Trisobo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini adalah expanatory dengan metode survei dan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SDN 1 Trisobo dan SDN 2 Trisobo dengan jumlah sampel 50 anak berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Data diperoleh dengan kuesioner dan pengukuran BB dan TB. Analisis statistik menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status gizi berdasarkan skor Z rata-rata (indeks BB/TB) responden adalah -0,20+1,09 dengan responden sebanyak 96 % termasuk kategori normal, 2 % kurus dan 2 % gemuk.Rata-rata tingkat kecukupan enrgi makanan jajanan responden adalah 36,59%+15,37 %; rata-rata tingkat konsumsi protein makanan jajanan adalah 38,26%+23,74%; rata-rata tingkat kecukupan vitamin A makanan jajanan adalah 1,63%+2,27%; rata-rata tingkat kecukupan iodium makanan jajanan responden adalah 15,03 %+8,36 %. Untuk makanan total sehari diperoleh rata-rata tingkat kecukupan energi sebesar 95,29 %+23,82 %; tingkat kecukupan protein sebesar 102,87 % +34,86 %; tingkat kecukupan vitamin A sebesar 21,05 %+15,40 %; dan tingkat kecukupan iodium sebesar 68,48 %+19,29 %. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan bermakna tingkat kecukupan energi, protein, iodium makanan jajanan dengan status gizi (p=0,049;p=0,021;p=0,035), tidak ada hubungan bermakna tingkat kecukupan vitamin A makanan jajanan dengan status gizi; ada hubungan bermakna tingkat kecukupan energi dan iodium makanan total sehari dengan status gizi (p=0,014;p=0,000); tidak ada hubungan bermakna tingkat kecukupan protein, vitamin A makanan total sehari dengan status gizi, sehingga disarankan untuk lebih memperhatikan konsumsi serta pemilihan makanan jajanan pada anak sekolah dasar. Kata Kunci: Tingkat kecukupan gizi,energi,protein, vitamin A, iodium, makanan jajanan,status gizi, siswa SD. Nutritional consumption level, energy, protein, vitamin A, iodine, street food, nutritional status, schoolchildren.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:10025
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 May 2010 14:29
Last Modified:04 May 2010 14:29

Repository Staff Only: item control page