ANALISIS PENGARUH KETERKAITAN ORGANISASIONAL INTERNAL DAN KETERKAITAN KARYAWAN DENGAN PELANGGAN TERHADAP PEMBERDAYAAN KARYAWAN DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL ( STUDI KASUS PADA PT. BANK BPD JATENG )

PRASODJO, AGOENG (2003) ANALISIS PENGARUH KETERKAITAN ORGANISASIONAL INTERNAL DAN KETERKAITAN KARYAWAN DENGAN PELANGGAN TERHADAP PEMBERDAYAAN KARYAWAN DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL ( STUDI KASUS PADA PT. BANK BPD JATENG ). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3580Kb

Abstract

Companies are demanded to create customers satisfaction. It is because of the increase in competitive intensity and the amount Of competitors. The research problems are about organizational commitment and service quality in PT. Bank BPD Jateng. The problems in organizational commitment can be seen from the low rate of employees discipline and loyalty, whereas the problems in service quality can be seen from the amount of complaint from customers. Therefore, this study particularly examine the influences of internal Organizational relationships and employee-customer relationships to employee empowerment and organizational commitment in PT. Bank BPD Jateng. It is hoped that conclusion drawn from the study can be a reference for companies particularly for PT. Bank BPD Jateng in order to increase the employee empowerment and organizational commitment. The research object is PT. Bank BPD Jateng. Data that was used is primary and secondary. Primary data gathered from the questionnaire to respondents namely frontliner in PT. Bank BPD Jateng. Secondary data including data from PT. Bank BPD Jateng which relevant with this study Analytical tools used in this study is Structural Equation Model (SEM) from statistical package of AMOS 4.01. The conclusions from the study are that internal organizational relationships and employee-customer relationships have positive influence to employee empowerment and internal organizational relationships, employee- customer relationships and employee empowerment have a positive influence to organizational commitment. The final section of the study linked study research and theoretical implications and managerial implications. Research limitations and future research agenda can be made for further researclis references. Perusahaan dituntut agar mampu menciptakan kepuasan kustomer. Hal nil disebabkan oleh peningkatan intensitas persaingan dan jumlah pesaing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai komitmen organisasional dan kualitas pelayanan di PT. Bank BPD Jateng. Permasalahan pada komitmen organisasional dapat dilihat dari rendahnya tingkat disiplin dan loyalitas karyawan sedangkan masalah pada kualitas pelayanan dilihat dari banyaknya komplain dari kustomer. Oleh karena itu penelitian ini secara khusus meneliti pengaruh relasional organisasional internal dan relasional karyawan dengan kustomer terhadap pemberdayaan karyawan serta komitmen organisasional Pada PT. Bank BPD Jateng. Diharapkan simpulan dari penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi perusahaan khususnya bagi PT. Bank BPD Jateng dalam meningkatkan pemberdayaan karyawan dan komitmen organisasional. Obyek penelitian ini adalah PT. Bank BPD Jateng. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada responden yaitu frontliner pada PT. Bank BPD Jateng. Sedangkan data sekunder meliputi data-data dari PT. Bank BPD Jateng yang relevan dengan penelitian. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dari paket statistik AMOS 4.01. Dari basil penelitian dapat disimpulkan bahwa relasional organisasional internal dan relasional karyawan dengan kustomer berpengaruh positif terhadap pemberdayaan karyawan serta relasional organisasional internal, relasional karyawan dengan kustomer dan pemberdayaan karyawan berpengaruh positif terhadap komitmen organisasional. Akhir dari penelitian ini menghubungkan antara hasil penelitian dengan implikasi teoritis dan implikasi manajerial. Keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan referensi untuk penelitian-penelitian berikutnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9995
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:04 May 2010 12:52
Last Modified:04 May 2010 12:52

Repository Staff Only: item control page