PENGARUH FAKTOR - FAKTOR KEPUASAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus pada 3 Rumah Sakit Swasta di Kota Semarang)

ARIFIN, BEY (2003) PENGARUH FAKTOR - FAKTOR KEPUASAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus pada 3 Rumah Sakit Swasta di Kota Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2810Kb

Abstract

One of efforts to improve hospital employee performance is refining organization internal communication Employee satisfaction to internal hospital communication is one of key factors in creating good performance. In the perspective of organization as human system, it can be understood if the human does not change so it will be no change in the organization The research aim to analyze the influence of communication satisfaction factors to employee performance. The organization communication factors are: Communication Climate, Supervisory Communication, Oganizational Integration, Media Quality, Co-Worker Communication, Corporate Information, Personal Feedback, Subordinate Communication. This research gives suggestion to strategy formulation to improve employee satisfaction. Primary data are collected through spreading questionnaires. There are 100 respondents chosen using stratified sampling method. Secondary data also collected to support the analysis of this research. Besides, before it used for research firsly using validity, reliability and classics assumption test. Furthermore, the data is using by multiple regressions method to analyze. The data used in this research are normal in their distributions. The results of this research show that Communication Climate (P=0.000), Supervisory Communication (P=0.021), Oganizational Integration (P=0.002), Media Quality (P=0.011), Co-worker Communication (P=0.17), Corporate Information (P=0.014), Personal Feedback (P=0.003), Subordinate Communication (P=0.022), significantly influence to employee performance. The results of this research indirectly show that to improve hospital employee as proposed by management, firstly has to improve Communication Climate. Salah satu usaha untuk meningkatkan kinerja karyawan rumah sakit adalah dengan memperbaiki komunikasi internal organisasinya. Kepuasan karyawan terhadap komunikasi yang terjadi di dalam rumah sakit merupakan salah satu faktor penentu terwujudnya kinerja yang baik. Dalam perspektif bahwa organisasi merupakan sistem dari manusia, dapat dipahami bahwa jika manusianya tidak berubah maka tidak akan ada perubahan dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan faktor¬faktor komunikasi terhadap kinerja karyawan. Faktor-faktor kepuasan komunikasi organisasi adalah : Iklim Komunikasi, Komunikasi Pengawasan, Kesatuan Organisasi, Kualitas Media, Komunikasi dengan Rekan Kerja, Informasi Perusahaan, Umpan Balik Individu, dan Komunikasi Atasan dengan Bawahan Penelitian ini memberikan saran terhadap formulasi strategis untuk meningkatkan kinerja karyawan. Data primer dikumpulkan melalui angket yang disebarkan. Terdapat 100 responden yang dipilih dengan menggunakan metode stratified sampling. Data sekunder juga dikumpulkan untuk mendukung analisa dalam penelitian ini. Lebih lanjut, untuk mengestimasi data digunakan regresi berganda. Disamping itu juga diadakan uji validitas, reliabilitas dan penyimpangan asumsi klasik. Ditemukan bahwa data yang dipakai pada penelitian ini, penyebarannya normal/terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklim Komunikasi (P=0,000), Komunikasi Pengawasan (P=0,021), Kesatuan Organisasi (P=0,002), Kualitas Media (P=0,011), Komunikasi dengan Rekan Kerja (P=0,017), Informasi Perusahaan (P=0,014), Umpan Balik Individu (P=0,003), dan Komunikasi Atasan dengan Bawahan (P=0,022), secara signifikan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian ini secara tidak langsung mengemukakan bahwa untuk meningkatkan kinerja karyawan rumah sakit seperti yang dikehendaki pihak manajemen, perlu kiranya dtingkatkan Iklim Komunikasi terlebih dahulu.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9994
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:04 May 2010 12:40
Last Modified:04 May 2010 12:40

Repository Staff Only: item control page