ANALISIS PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI FAKTOR KARAKTERISTIK PIMPINAN, ORIENTAS! PASAR, DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN (Studi Pada Industri Meubel di Kabupaten Jepara)

PUTRANTO, SAMTIM EKO (2003) ANALISIS PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI FAKTOR KARAKTERISTIK PIMPINAN, ORIENTAS! PASAR, DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN (Studi Pada Industri Meubel di Kabupaten Jepara). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2961Kb

Abstract

Leaders as the top management plays crucial role in assurring the success of eve!), organization programs aimed at achieving the excellence of marketing performance. To get prominent marketing performance it required an organization culture which allowing implementing marketing concept to achieve the excellence of marketing performance as a market orientation. Nevertheless, it appears an assumption that only market orientation is not sufficient so requiring firms to learn faster than their competitors. It needs also organization characteristics that are able to develop learning ability within organization that is learning-oriented led to improve understanding toward markets and as a whole would imply customers' response in line with firms' expectation. In this context, it is proposed a research model to analyze the relation between leaders' characteristics and market orientation, market orientation and marketing performance, and learning orientation and marketing performance. This study used 100 sample managers or company leaders of furniture companies in Jepara Regency, Jawa Tengah through purposive accidental sampling technique. Data collection was undertaken by way of personally administered questionnaires which then analyzed with Structural Equation Modeling (SEM). From the research, it is conclude that learning orientation has positive effect on organization marketing performance, market orientation has positive effect on organization marketing performance, and leaders' characteristic has positive effect on market orientation. The end part of the study related the results and theoritical and managerial implication. The research limitation and future research agenda could be reference for upcoming research. Pimpinan selaku top manajemen memainkan peran penting dalam menjamin suksesnya setiap program organisasi yang ditujukan untuk mencapai keunggulan kinerja pemasaran. Untuk mencapai kinerja pemasaran yang unggul dibutuhkan suatu budaya perusahaan yang mampu mengimplementasikan konsep pemasaran untuk mencapai kinerja pemasaran yang unggul yang berupa orientasi pasar. Namun demikian ada anggapan bahwa orientasi pasar saja tidak cukup sehingga diperlukan kemampuan perusahaan untuk belajar lebih cepat dari kompetitor. Sehingga dibutuhkan karakteristik organisasi yang mampu menumbubkan kemampuan belajar dalam organisasi yaitu orientasi pembelajaran, yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman terhadap paw dan secara keseluruhan akan menghasilkan tariggapan dari pelanggan yang sesuai harapan perusahaan. Dalam konteks ini, diajukan model penelitian untuk menganalisis hubungan antara karakteristik pimpinan dengan orientasi pasar, orientasi pasar dengan kinerja pemasaran, dan orientasi pembelajaran dengan kinerja pemasaran. Penelitian ini menggunakan sample 100 manajer atau pimpinan perusahaan meubel di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dengan menggunakan teknik purposive accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner secara • personal yang kemudian dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Dari basil penelitian dapat disimpulkan bahwa orientasi pembelajaran berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran organisasi, dan orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran organisasi, serta karakteristik pimpinan berpengaruh positif terhadap deraj at orientasi pasar. Akhir dari penelitian ini menghubungkan antara hasil penelitian dengan implikasi teoritis dan implikasi manajerial. Keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan referensi bagi penelitian-penelitian berikutnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9980
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:04 May 2010 11:39
Last Modified:04 May 2010 11:39

Repository Staff Only: item control page