ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGARUH EFEKTIVITAS PERUSAIIAAN DAN STRATEGI DIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN. (Studi pada perusahaan kecil Yogyakarta yang berrgerak pada bidang kerajinan)

Diana, Ahadiah Noor (2003) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGARUH EFEKTIVITAS PERUSAIIAAN DAN STRATEGI DIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN. (Studi pada perusahaan kecil Yogyakarta yang berrgerak pada bidang kerajinan). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2193Kb

Abstract

This research studied about the influence of costumer and competitor orientation towards the effectivity of small firm which concern on handicraft industry made of silver, tatah sungging, leather and batik in Daerah Istimewa Yogyakarta. The Survey was done by technic of purposive sampling whereas the data was collected by interviewing 100 chosen respondents. Generally, the respondent involved the owner, leader or menager of small firm. The data producted from the research then was analyzed using analysis technics of structural equation modelling (SEM), which explains causality relationship among the several variables/construction, that used in this research. The result of the survey showed that there was a significant positiv relationship between the costumers and competitors orientation toward the effectivity of the firm, then this effectivity in fact gave a positive influence toward the profitability. Besides, this research also proved that differentiation strategy had significant influence toward the profitability of small firms. This research gave evidence both application capability of strategic management and marketing concepts used for small firms. Therefore, this research will give contribution to the owner, leader or manager of the firm to understand that the costumer and competitor orientation can increase the effectivity of the firms. The increasing of effectivity influeces the profitability. The company can also apply the differentiation strastegy to increase the profitability. Penelitian ini menelaah pengaruh orientasi pelanggan dan orientasi pesaing terhadap efektivitas perusahaan kecil di bidang kerajinan terutama perak, tatah sungging, kulit serta batik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Survey dilakukan melalui teknik purposive sampling sedangkan pengumpulan data menggunakan wawancara terhadap 100 responden terpilih. Responden umumnya adalah pemilik atau pemimpin serta manager perusahaan kecil. Data basil survey kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Structural Equation modelling (SEM) yang menjelaskan hubungan kausalitas antara beberapa variabel/konstruk yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan positif antara orientasi pelanggan dan orientsi pesaing terhadap efektivitas perusahaan, kemudian efektivitas perusahaan temyata memberikan dampak yang positif terhadap profitabilitas. Disamping itu dalam penelitian ini juga dibuktikan bahwa strategi diferensiasi juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas perusahaan kecil. Penelitian ini memberikan bukti tentang kemampuan aplikasi dari manajemen strategik serta konsep-konsep pemasaran bagi perusahaan kecil. Oleh karena itu penelitian ini akan memberikan sumbangan bagi pemilik maupun pemimpin perusahaan serta manager perusahaan untuk dapat memahami bahwa orientasi pelanggan maupun orientasi pesaing dapat meningkatkan efektivitas perusahaan. Peningkatan efektivitas perusahaan berdampak pada profitabilitas. Perusahaan juga dapat menerapkan strategi di ferensiasi guna meningkatkan profitabilitas.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9959
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:04 May 2010 09:38
Last Modified:04 May 2010 09:38

Repository Staff Only: item control page