PENGARUH INTENSITAS PERSAINGAN PASAR TERHADAP KINERJA UNIT PERUSAHAAN: INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Food and Baverages di Indonesia)

IKHSAN, ARFAN (2003) PENGARUH INTENSITAS PERSAINGAN PASAR TERHADAP KINERJA UNIT PERUSAHAAN: INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Food and Baverages di Indonesia). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2538Kb

Abstract

The main objective of this study is to examine the increase of market competition regarding to the application of manufacturing technology, deregulation of economies and privatization of government owned enterprises towards management accounting system information decision. There were 36 managers from food and bavarages manufacturing observed have been taken as the sample in this study by using purpossive sampling. Furhter, path analysis technique has been involved to analyze the data. The result indicated that intensity of market competition is the determinant of the use of the information MAS, and plays as mediating role in the relationship between the intensity of market competition and business unit performance. In order to complete the market, it is indeed to the mangers to have proper perception and updating knowledge in management accounting system information. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji meningkatnya persaingan pasar tentang penerapan teknologi manufaktur, deregulasi ekonomi dan privatisasi perusahaan-perusahaan milik pemerintah sehingga membuat pengambil keputusan informasi sistem akuntansi manajemen. Terdapat 36 manajer perusahaan manufaktur food and bavarages yang diteliti sebagai sampel dalam peneltiian ini dengan menggunakan purposive sampling. Lebih lanjut, untuk menganalisa data dilakukan dengan teknik path analisis. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa intensitas persaingan pasar merupakan detenninan dari penggunaan informasi SAM, dan berperan sebagai mediasi dalam hubungannya antara persaingan pasar dan kinerja unit perusahaan. Untuk memenuhi pasar, perlu bagi manger membuat persepsi dan meningkatkan pengetahuan dalam informasi sistem akuntansi manajemen.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Accounting
ID Code:9943
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:03 May 2010 16:13
Last Modified:03 May 2010 16:13

Repository Staff Only: item control page