PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL: Study Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat (Go-public) Di Bursa Efek Jakarta

SEMBIRING, EDDY RISMANDA (2003) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL: Study Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat (Go-public) Di Bursa Efek Jakarta. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2791Kb

Abstract

The aim of this research is to examine some determinants of corporate social responsibility disclosure in Indonesian companies. The corporate social responsibility disclosures include details of the environment, energy, employee health and safety, employee other, products, community involvement, and general. Review of previous researches show the inconsistencies. These inconsistencies contribute substantially to the diversity of result. This research attempts to correct with used five corporate characteristics as explanatory variables. They are company size, profitability, profile, size of board of commissioner, and leverage. The sample of this research was extracted with stratified random sampling method. The population is 323 companies, which are listed at Jakarta Stock Exchange (JSX). The 78 corporate annual reports were analyzed as a sample. The technique for examining hypothesis is multiple regression analysis by using SPSS 10.00 programs. The results indicate that company size, profile and size of board of commissioner have a significant positive influence on the corporate social responsibility disclosure, but profitability and leverage failed to show its significant effect. These results generally coincide with previous research findings on corporate social responsibility disclosure. Penelitian ini bertujuan untuk menguji berbagai faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia. Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan meliputi lingkungan, energi, kesehatan dan keselamatan tenaga kerja, lain-lain tentang tenaga kerja, produk, keterlibatan masyarakat, dan umum. Review atas penelitian terdahulu menunjukkan adanya ketidakkonsistenan yang mengakibatkan terjadinya keanekaragaman hasil. Penelitian ini mencoba memperbaiki dengan menggunakan lima karakteristik perusahaan sebagai variabel penjelas. Variabel tersebut adalah size perusahaan, profitabilitas, profile, ukuran dewan komisaris, dan leverage. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode stratified random sampling. Populasi adalah 323 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Tujuh puluh delapan laporan tahunan perusahaan kemudian dianalisis sebagai sampel. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 10.00. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa size perusahaan, profile dan ukuran dewan komisaris mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, tetapi profitabilitas dan leverage tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Secara keseluruhan temuan penelitian ini sesuai dengan temuan penelitian terdahulu tentang pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting
ID Code:9941
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:03 May 2010 15:33
Last Modified:03 May 2010 15:33

Repository Staff Only: item control page