FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI KEBUTUHAN JASA AUDIT PADA PERUSAHAAN YANG TIDAK GO PUBLIK (STUDI EMPIRIS : DI JAWA TENGAH)

SUSILOWATI , DEWI (2003) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI KEBUTUHAN JASA AUDIT PADA PERUSAHAAN YANG TIDAK GO PUBLIK (STUDI EMPIRIS : DI JAWA TENGAH). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2448Kb

Abstract

Most companies demand independent audit, because many sides need Independent audit for audits financial statement of company, that in fact the financial statement of company is very important for their economic decisions. This research investigated of some factors that influence to the perceptions of independent audit need on the non go public companies. Some of basic hypothesis built in this research are the size, owners'proportion, and leverage ratio influenced simultanly to the perceptions of independent audit need on the non go public companies. There are different perceptions of independent audit need between the non go public companies based on the size, owners'proportion, and leverage ratio. Multiple Regression Analysis and One Way Anova tests were applied to analyzed for the data of 90 the non go public companies. The samples were clusterly selected from some of companies in Central Java. The results from the two tests supported the research hypothesized, that the size, owners'proportion, and leverage ratio influenced simultanly to the perceptions of independent audit need on the non go public companies. There are different perceptions of independent audit need between the non go public companies based on the size, but there aren't different perceptions of independent audit need between the non go public companies based on owners'proportion, and based on leverage ratio. The concludate of this research show that the independent audit is very important for many companies, and then the size, owners' proportion, and leverage ratio influence to their perceptions of independent audit need. Kebanyakan perusahaan meminta jasa audit, karena berbagai pihak membutuhkan jasa audit untuk mengaudit laporan keuangan perusahaan, yang pada kenyataannya laporan keuangan perusahaan sangat berperan penting dalam keputusan ekonomiknya. Penelitian ini menyelidiki terhadap beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi kebutuhan jasa audit pada perusahaan yang tidak go publik. Beberapa hipotesis utama yang dibangun adalah ukuran perusahaan, proporsi pemilikan, dan rasio ungkitan berpengaruh secara simultan terhadap persepsi kebutuhan jasa audit. Terdapat perbedaan persepsi kebutuhan jasa audit pada perusahaan yang tidak go publik berdasarkan ukuran perusahaan, berdasarkan proporsi pemilikan, maupun berdasarkan rasio ungkitan. Uji Analisis Regresi Berganda dan One Way Anova dipakai untuk menganalisis 90 data perusahaan yang tidak go publik. Sampel dipilih secara cluster dari beberapa perusahaan yang ada di wilayah Jawa Tengah. Basil dari penelitian ini adalah mendukung penelitian sebelumnya bahwa ukuran perusahaan, proporsi pemilikan, dan rasio ungkitan berpengaruh secara simultan terhadap persepsi kebutuhan jasa audit. Terdapat perbedaan persepsi kebutuhan jasa audit pada perusahaan yang tidak go publik berdasarkan ukuran perusahaan, namun tidak terdapat perbedaan persepsi kebutuhan jasa audit berdasarkan proporsi pemilikan, maupun berdasarkan rasio ungkitan Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan jasa audit sangat penting bagi banyak perusahaan dan ukuran perusahaan, proporsi pemilikan, dan rasio ungkitan mempengaruhi persepsi kebutuhan jasa audit perusahaan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting
ID Code:9916
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:03 May 2010 14:05
Last Modified:03 May 2010 14:05

Repository Staff Only: item control page