PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAIC, KO1VIUNIKASI PEMAKAI, KOMPLEKSITAS TUGAS, KOMPLEKSITAS SISTEM, DAN PENGARUH PEMAKAI SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Lau, Elfreda Aplonia (2003) PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAIC, KO1VIUNIKASI PEMAKAI, KOMPLEKSITAS TUGAS, KOMPLEKSITAS SISTEM, DAN PENGARUH PEMAKAI SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3030Kb

Abstract

This research is aimed to examine whether user's participation has on effect user's satisfaction and whether top management support, user-developer communication, task complekxity, system complexity, user's influence, moderate the effect of user participation on user satisfaction in developing information system. There were many previous research findings contradicted each other. This research tried to re-examine by performing a test on five contingency factors, as mentioned. Hypotheses testing was conducted on 100 respondents spreading in big manufacture companies as well as trading and service firms located in NTT region, focusing in five regencies which are Belu, TTU, TTS, Kupang, and Ende. The method used in the hypotheses testing is linear regression to test the effect of user participation on user satisfaction in information system development. Where as in testing five contingency factors, which are top management support, user-developer communication, task complexity, system complexity, and user's influence as moderating factors/variables in the relationship between user participation effect on user satisfaction, MRA (Moderated Regression Analysis) was applied. The results of the research show that first; user participation in developing information system has positive effect on user satisfaction. Second, the effect of user participation on user satisfaction moderated by top management support and task complexity and user's influence variables. Third, top management support and task complexity variables are the pure moderators; then user-developer communication, system complexity and user's influence are the quasi moderators. This test's result is expected to contribute the system development performers as well as the academics, an explanation of how, when and where user's participation is needed thus it can exchance the user's satisfaction, by stating the relation characteristic influenced by different conditions. Henceforth, it is suggested that the future researchers will review other variables, which perhaps have effect on user satisfaction. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah partisipasi pemakai berpengaruh pada kepuasan pemakai dan apakah dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai, memoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Masih banyak temuan penelitian sebelumnya yang kontradiksi. Peneliti mencoba menguji ulang dengan melakukan pengujian pada lima faktor kontinjensi, sebagaimana yang telah disebutkan. Pengujian hipotesis dilakukan pada 100 responden yang tersebar pada perusahaan besar manufaktur, dagang dan jasa yang ada di wilayah NTT, dengan berfokus pada lima kabupaten yaitu Belu, TTU, TTS, Kupang, dan Ende. Metode yang digunakan dalam pengujian hipotesis ini adalah regresi linier (Linear regression) untuk menguji partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Sedangkan untuk menguji lima faktor kontinjensi yaitu dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai, sebagai pemoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai digunakan metode MRA (Moderated regression analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pemakai. Kedua, pengaruh partisipasi pemakai terhadap keptiasan pemakai dimoderasi variabel dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, dan pengaruh pemakai. Ketiga, variabel dukungan manajemen puncak dan kompleksitas tugas sebagai pure moderator, variabel komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai sebagai quasi moderator. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi baik bagi para praktisi dalam pengembangan sistem, maupun akademisi, untuk menjelaskan bagaimana, kapan, dan dimana partisipasi pemakai diperlukan, agar dapat meningkatkan kepuasan pemakai, dengan mengemukakan sifat hubungan yang dipengaruhi oleh kondisi-kondisi yang berbeda. Selanjutnya disarankan bagi peneliti mendatang untuk menelaah variabel lain yang mungkin berpengaruh pada kepuasan pemakai.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting
ID Code:9913
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:03 May 2010 13:57
Last Modified:03 May 2010 13:57

Repository Staff Only: item control page