FAUZI, MOCHAMAD (2000) MEMBANGUN KEBERHASILAN ALIANSI SEBUAH PERSPEKTIF DARI PERUSAHAAN PEMASOK Studi Pada Perusahaan Pemasok PT. Indomobil Suzuki International. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .
| PDF 3226Kb |
Abstract
ABSTRACT The study of interorganization and interfirm relationship has been the subject of many articles and research over the past several years. One type of the organizational or interfirm relationship is the relationship between customer and supplier. The reason that closer relationship between customer and supplier became alternative for the firm competitive advantage is close relationship may offer many technical, financial and strategic advantage. This research is focused to analyze factors that affect alliance success from suppliers perspective. The object for this research is PT. Indomobil Suzuki International suppliers in various type of material supplies. This research model contains four factors as exogenous variables are alliance attributes, communication attributes, conflict resolution techniques, and interpersonal relation. The Multiple Linier Regression and Structural Equation Modeling had been used to test four hypothesis that proposed. The results indicate that interpersonal relation is the most dominant factor affect alliance success, with p value 0.000 and direct effect 0.8143, followed by alliance attributes p value 0,013 and direct effect 0.2755 and communication attributes with p value 0.013 and direct effect 0.036. The conflict resolution techniques are not significantly affecting the success alliances with p value 0.606 and direct effect — 0.0441. The full model for this research appears the extent of Goodeness of Fit is Marginal. The implications of these results for managerial decision-making in buyer-supplier alliance development and further research are discussed.ABSTRAKSI Studi mengenai hubungan antar organisasi atau antar perusahaan menjadi perhatian bagi para peneliti selama beberapa tahun terakhir. Salah satu jenis hubungan antar organisai atau antar perusahaan adalah hubungan antara perusahaan pemasok dengan perusahaan pelanggan. Alasan yang mendasari bahwa kedekatan hubungan antara perusahaan pemasok dengan pelanggannya menjadi alternatif keunggulan perusahaan adalah karena hubungan yang lebih dekat akan dapat memberikan keunggulan dibidang finasial, teknik dan strategi. Penelitian ini difokuskan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi sukses aliansi khususnya yang diperoleh oleh perusahaan pemasok. Obyek penelitian ini adalah perusahaan pemasok PT. Indomobil Suzuki International dari berbagai tipe produk yang dipasok. Terdapat empat faktor utama yaitu atribut aliansi, atribut komunikasi, teknik pemecahan masalah da.n hubungan interpersonal. Mat analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Liner Berganda dan Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor hubungan interpersonal merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi sukses aliansi dengan nilai direct effect sebesar 0.8143 dan nilai p 0.000, diikuti oleh atribut aliansi dengan nilai pengaruh 0.2755 dan nilai p 0.013 dan atribut komunikasi dengan nilai pengaruh 0.1945 dan nilai p 0.036. Terdapat satu faktor yang tidak signifikan yaitu teknik pemecahan masalah dengan nilai p sebesar 0.606 dan pengaruh sebesar — 0.0441. Secara model keseluruhan diketahui, bahwa dengan alat analisa SEM, model penelitian ini telah memiliki tingkat model yang mendekati Good Fit. Selanjutnya pada akhir tesis ini ditampilkan implikasi manajerial dan agenda penelitian mendatang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9901 |
Deposited By: | Ms upt perpus3 |
Deposited On: | 03 May 2010 23:34 |
Last Modified: | 03 May 2010 23:34 |
Repository Staff Only: item control page