Supriyadi , Dartho (2003) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEMANFAATAN, KECEMASAN, SIKAP DAN PENGGUNAAN KOMPUTER TERHADAP KINERJA DAN KEPUASAN KERJA AKUNTAN PENDIDIK (Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Di Indonesia). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 3073Kb |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara persepsi kemanfaatan (perceived usefulness), persepsi kemudahan (perceived ease of use), kecemasan (anxiety), sikap (attitude toward computer), penggunaan komputer (computer use) dan diantara hasil kerja (outcomes) sendiri. Model hubungan antar variable ini direplikasi dan dikembangkan dari Sarana (2000) dan Ferguson (1997). Model ini diuji pada 209 akuntan pendidik di perguruan tinggi swasta dan negeri di Indonesia yang sedang mengikuti Seminar Nasional Akuntansi ke-V tahun 2002 dan mahasiswa magister akuntansi yang sedang belajar di Universitas Diponegoro. Pengujian dilakukan dengan tiga langkah yaitu Confirmatory Factor Analysis, Structural Model Analysis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja akuntan pendidik dipengaruhi langsung oleh kinerja. Pada penggunaan komputer menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan kinerja dan kepuasan kerja. Sikap terhadap komputer mempunyai pengaruh langsung terhadap kinerja dan kepuasan kerja. Kecemasan terhadap komputer mempunyai pengaruh yang signifikan dengan sikap terhadap komputer. Kemudian persepsi kemanfaatan mempunyai pengaruh langsung dengan penggunaan komputer, sikap terhadap komputer dan kecemasan.terhadap komputer. Demikian juga persepsi kemudahan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap persepsi kemanfaatan, kecemasan, penggunaan komputer dan sikap terhadap komputer. Hasil penelitian ini juga menunjulckan kecemasan terhadap komputer mempunyai pengaruh yang negatif dengan persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan. Hasil yang cukup mengejutkan dari penelitian ini yaitu pertama persepsi kemanfaatan mempunyai pengaruh yang signifikan dengan lama penggunaan komputer, kedua sikap terhadap komputer pengaruhnya tidak signifikan dengan lama penggunaan komputer, ketiga lama penggunaan komputer tidak berpengaruh secara signifikan dengan kepuasan kerja, keempat lama penggunaan komputer berpengaruh signifikan dengan kinerja. Kata kunci: Persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan, kecemasan, sikap terhadap komputer, lama penggunaan komputer, kepuasan kerja, kinerja. The objective of this study is to examine the interdependence of the following variables: perceived usefulness, perceived ease of use, computer anxiety, attitude computer, extend using computer and among work outcomes itself. The. proposed model inter this variable is replication and developed of Sarana (2000) and Ferguson (1997). This model makes use of 209 samples of educator accountants both in private and state universities in Indonesian who following the Fifth Indonesian Conference on Accounting 2002 and student magister science of accounting that studying at Diponegoro University. The results show that job satisfaction of educator accountants is directly affected by job performance. Extend using computer directly affects to job performance and job satisfaction. The attitude computer directly affects to job performance and job satisfaction. Computer anxiety has significant affect to attitude computer. And then, perceived usefulness directly affects to using computer, attitude computer, and computer anxiety. Along with perceived ease of use directly affects to perceived usefulness, computer anxiety, extend using computer, and attitude computer. This study too shows that higher level of computer anxiety negatively is affected by perceived ease of use and perceived usefulness. It is suprisingly result from this study that the first perceived usefulness has significant affect to computer usage, the second attitude computer does not significantly affect to computer usage, the third computer usage does not significantly affect to job satisfaction, and the fourth computer usage has significant affect to job performance. Key words : Perceived usefulness, perceived ease of use, attitude computer, computer anxiety, extend using computer, job satisfaction, job performance.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting |
ID Code: | 9771 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 29 Apr 2010 22:26 |
Last Modified: | 29 Apr 2010 22:26 |
Repository Staff Only: item control page