DAMPAK PENDIDIKAN AUDITING TERNADAP AUDIT EXPECTATION GAP (Penslitian Eksperimen pada Mahasiswa Akuntansi di FE UNDIP Semarang)

Saifullah , Saifullah (2003) DAMPAK PENDIDIKAN AUDITING TERNADAP AUDIT EXPECTATION GAP (Penslitian Eksperimen pada Mahasiswa Akuntansi di FE UNDIP Semarang). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1885Kb

Abstract

Penelitian ini menelaah pengaruh pendidikan terhadap persepsi mahasiswa atas arti laporan audit dan tanggung jawab serta tugas auditor. Penelitian menggunakan instrumen dengan skala diferensial semantic untuk mengukur pecan yang dikomunikasikan melalui laporan audit. Kuesioner diberikan kepada kedua kelompok mahasiswa S-1 pada awal dan akhir semester. Kelompok eksperimen terdiri dari mahasiswa akuntansi S-1 sebelum dan sesudah menempuh .mata kuliah Auditing. Kelompok kontrol terdiri dari mahasiswa manajemen S-1 yang tidak menempuh mata kuliah auditing. Dalam penelitian ini terdapat 60 mahasiswa akuntansi yang berpartisipasi dalam eksperimen dan 40 mahasiswa manajemen sebagai kontrol pada awal semester. Mahasiswa yang sama juga berpartisipasi akhir semester. Hipotesis 1, hipotesis 2 dan hipotesis 3 diuji untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan diantara kelompok mahasiswa dengan menggunakan alat analisis Maim Whitney. Hipotesis 4 diuji untuk mengetahui perbedaan rata-rata responden terhadap tanggung jawab relatif auditor dan persiapan. laporarl keuangan, tanggung jawab untuk menilai keandalan laporan keuangan dan evaluasi dari prospek mendatang dari perusahaan dengan mengggunakan Kruskal-Wallis tes.. Hasil dari eksperimen mendukung hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian juga menunjulckan bahwa pendidikan dapat menjadi pendekatan efektif untuk memperpendek atau menghilangkan jaralc pengharapan audit. Hasil penelitian ini mempunyai implikasi bahwa memang telah terjadi adi expectation gap, tetapi gap yang terjadi dapat dikurangi melalui pendidikan auditing. Kata Kunci: Persepsi, tanggung jawab dan tugas auditor laporan auditan, expectation gap This paper examines the effect of education on students' perceptions of the meaning of audit reports and the responsibilities and duties of auditors. A research instrument, utilising semantic differential scales designed to measure the messages communicated through audit reports, was administered to two groups of undergraduate students at the beginning and end of a semester. The experimental group consisted of fmal year under graduate accounting students enrolled in their first auditing unit. The control group consisted final year undergraduate manajement students not enrolled in auditing unit. There are 60 accounting students participated in the experiment and there are 40 manajement students participated in the control at the beginning of a semester. The same students are used at the •end of a semester. Mann-Whitney U test was used to test hypotheses one, two and three. Kruskall-Wallis One-Way Analysis of Variance was used to test for differences in responses between the relative responsibilities of auditors and preparers of financial repots (responsibility); the reliability of underlying financial information (reliability) and the evaluation of the future prospects of the firm kprospects). The results of this experiment confirm the hypotheses proposed. So the results of the study suggest that education may be an effective approach to narrowing or eliminating the audit expectation gap. This research has implication that happen the expectation gap, but the gap's can be reduced by auditing education program. Key Words: Perception, responsibility and duty of auditor's, audit repots, expectation gap

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting
ID Code:9770
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Apr 2010 22:19
Last Modified:29 Apr 2010 22:19

Repository Staff Only: item control page