ANALISIS PENGARUH INOVASI DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP ORIENTASI PASAR UNTUK PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN Studi empiris pada perusahaan dustri kecil tekstil di kota Semarang

Noor Achmat Abrori, Noor (2002) ANALISIS PENGARUH INOVASI DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP ORIENTASI PASAR UNTUK PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN Studi empiris pada perusahaan dustri kecil tekstil di kota Semarang. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2131Kb

Abstract

Peranan industri kecil bagi daerah maupun nasional adalah sangat penting. Hal ini menjadikan industri kecil perlu diperhatikan dan dapat lebih dikembangkan. Salah satu industri kecil yang memiliki perkembangan baik adalah indistri kecil tekstil di kota Semarang. Hal ini ditunjulckan dengan adanya peningkatan kinerja pemasaran produksi tekstil. Dengan berlatar belakang satu kondisi bahwa industri kecil tekstil masih dapat dikembangkan lagi, malca pengembangan perusahaan menjadi hal yang cukup penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi produk dan strategi pemasaran dapat mempenganthi orientasi pasar yang pada akhirnya untuk peningkatan kinetja pemasaran. Alat analisis yang digunakan adalah 'Structural Equation Model (SEM), dengan tujuan untuk menguji konfirmatori dan menguji hubungan kausalitas antar variabel untuk uji hipotesis penelitian yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga hipotesis yang diajukan dapat dibuktikan semuanya. Pada pengujian model keseluruhan, model menunjukkan tingkat kebaikan model yang cukup baik (adequate fit), yang didasarkan pada nilai-nilai CM-square = 66.836 ; probabilitas = 0.056 ; CMIN/DF = 1.337 ; AGFI = 0.860 ; GFI = 0.910 ; TLI = 0.977 ; CFI = 0.983 dan RMSEA = 0,056. Dan basil penelitian ini diharapkan agar para pimpinan perusahaan industri kecil tekstil di kota Semarang dapat lebih meninglcatican kinerj a pemasarannya. The small industry has the most important role for the region and nation Therefore the small industry needs of concern and it can be further developed. One of the small industries which have good development is the small textile industry in Semarang City. It is indicated by increase of marketing performance in the textile product. It has the background of one condition that the small textile industry may further expanded again, so the development of the enterprise is significant enough. The aim of this research is finding out how the product innovation and the marketing strategy can influence the market orientation and the finally to increase the marketing performance. The tool of analysis is the Structural Equation Model (SEM). It aims to analyze of confirmatory factors and testing causalitas among variabel to test the research hypothesis which are proposed. The result of the research shows that from three hypotheses are all proved. In testing the overall model, the model shows the degree of goodness of model is adequate fit. It is based on the values of CM-square = 66.836 ; probabilitas = 0.056 ; CMIN/DF = 1.337 ; AGFI = 0.860 ; GFI = 0.910 ; TLI = 0.977 ; CFI = 0.983 dan RMSEA = 0,056. From that result is hoped in order to the small textile industry leaders in Semarang City can more increase their marketing performance.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9767
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Apr 2010 22:04
Last Modified:29 Apr 2010 22:04

Repository Staff Only: item control page