ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BUDI RAHAYU PEKALONGAN

MULYONO, TEGUH (2002) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BUDI RAHAYU PEKALONGAN. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2214Kb

Abstract

Masalah-masalah yang paling sering dihadapi oleh rumah sakit-rumah sakit di Indonesia adalah rendahnya mutu pelayanan dan kinerja. Untuk memenuhi standar pelayanan kesehatan seperti yang dikehendaki oleh masyarakat (si pemakai) dan tuntutan kemajuan teknologi dibidang medis, maka mutu pelayanan dan kinerja rumah sakit perlu ditingkatkan. Indikator-indikator kinerja yang digunakan dalam penelitian ini adalah BOR, ALOS, TOT dan BTO. Tujuan dan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan hidup dan lokasi strategis rumah sakit terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini memberikan saran terhadap formulasi strategi untuk meningkatkan kepuasan pasien. Data primer dikumpulkan melalui angket yang disebarkan. Terdapat 100 responden yang dipilih/dikumpulkan dengan menggunakan metode stratified sampling. Data sekunder juga dikumpulkan untuk mendukung ranalisa dalam penelitian ini. Lebih lanjut, untuk mengestimasi data digunakan regresi berganda. Disamping itu juga diadakan uji validitas, reliabilitas dan penyimpangan asumsi klasik. Ditemukan bahwa data yang dipakai pada penelitian ini, penyebarannya normal/distribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (p = 0,000), kepuasan hidup (p = 0,012), dan lokasi strategis rumah sakit (p = 0,002), secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitian ini secara tidak langsung mengemukakan bahwa untuk meningkatkan kinerja rumah sakit seperti yang dikehendaki para pengguna, perlu kiranya ditingkatkan kualitas pelayanan terlebih dahulu. The most often problems encounted by hospital industry in Indonesia are low quality in service and its work performance. In order to meet the health service as stipulated by society (user) and the progress of medical technology, thus quality of service and work performance of hospital are indeed need to be improved. The performance indicators used by this study are BOR, ALOS, TOI and BTO. The objectives of the study is to analyze the influence of service quality, life satisfaction and strategic location of hospital towards patient satisfaction. This study will provide suggestions to formulate the strategy to achieve the patient's satisfaction. Primary data were collected by this study through distributing the angket. There were 100 respondents had been withdrawn by using stratified sampling method. Secondary data is also collected to support the analysis of this study. Further, multiple regression is imposed to estimate the data. Validity, reliability fest and test of from classical assumption violation were conducted. It has been found that the data used in this study performed normal in distribution. The results showed that quality of service (p = 0,000), life satisfaction (p = 0,012) and location strategic (p = 0,002) of the hospital are significantly influence to the patient's satisfaction. This implies that in order to improve the hospital's performance as stipulated by its users, then need enhancement in the service quality as the first shoot.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9759
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Apr 2010 21:13
Last Modified:29 Apr 2010 21:13

Repository Staff Only: item control page