FIRDAUSI, FIRDA (2002) ANALISIS PENGARUH IKLAN TERHADAP SIKAP DAN MAT KONSUMEN DALAM MEMUTUSKAN UNTUK MEMBELI SUATU PRODUK (Studi Kasus Iklan Rokok Djarum 76 Yang Ditayangkan di Televisi Pada Kabupaten Kudus). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2947Kb |
Abstract
Pemasaran sebenarnya lebi h dari sekedar mendistribusikan barang dari para produsen pembuatnya kepada konsumen pemakainya. Pemasaran sesungguhnya meliputi semua tahapan, yakni dari mulai penciptaan produk hingga pelayanan purna jual setelah transaksi penjualan itu sendiri terjadi. Tujuan akhir dari kegiatan pemasaran itu sendiri adalah terjadinya transaksi penjualan yang disebabkan oleh sikap dan niat untuk melakukan pembelian. Namun pemasar dapat mempengaruhi sikap dan niat untuk membeli dari suatu konsumen dengan memanfaatkan media iklan terutama iklan yang ditayangkan di televisi. Penelitian ini berusaha melakukan analisis untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap sikap dan niat konsumen dalam memutuskan untuk membeli suatu produk rokok Djarum 76 di kota Kudus. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh responden yang terpilih sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) digunakan untuk menguji 8 (delapan hipotesis) yang telah dikembangkan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari isi pesan dan frekuensi pengulangan terhadap efektivitas iklan, terdapat pengaruh positif dari efektifitas iklan yang ditayangkan terhadap sikap dan niat beli serta keputusan pembelian, terdapat pengaruh positif dari sikap terhadap niat beli dan keputusan pembelian, dan niat beli berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian. Hasil komputasi untuk pengujian model menunjukkan basil yang dapat diterima dengan menggunakan goodness offit yaitu GFI (Goodness of Fit Index), AGFI (Adjusted Goodness of Fit Index), CFI (Comparative Fit Index), RMSEA (Root Mean Square Error of Approximation), TLI (Tucker Lewis Index) dan CR (Critical Ratio). Actually, marketing more than just goods distribution from the producers to its consumers. Marketing involve an integrating process from product creation through after sales services after a selling transcation had been occurred. The marketing goal was selling transaction which it has been influenced by consumer attitude and buying intention. Marketer should influence consumer's attitude and buying intention by manipulating advertising media such television. The influence of advertising by using television as a media toward consumer's attitude and buying intention to decide to buy a cigarrette product such Djarum 76 in Kudus being analysed in this research. Primary data were employed in this research and obtained by questionaires which filled by the respondent. Meanwhile, purposive sampling method used in this research and Structural Equation Modelling were used to test eight hypothesis proposed. The results shows there are a positive significant impact from message content and repetition frequency to advertisement effectivity; a positive significant impact from advertisement effectivity to consumer's attitude and buying intention and buying decision; a positive significant impact from consumer's attitude to buying intention and buying decision; a positive significant impact from buying intention to buying decision. The acceptable test for signification test model have done by testing goodness of fit that is GFI (Goodness of Fit Index), RMSEA (Root Mean Square Error Approximation), TLI (Tucker Lewis Index) and CR (Critical Ratio).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9754 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 29 Apr 2010 20:43 |
Last Modified: | 29 Apr 2010 20:43 |
Repository Staff Only: item control page