NUGRAHA, NYATA (2002) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KLIEN AUDIT YANG BUKAN PERUSAHAAN GO PUBLIC DI JAWA TENGAH. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 1770Kb |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor utama yang menentukan kualitas audit dari sudut pandang klien yang bukan perusahaan Go Public di Jawa Tengah. Disamping itu penelitian ini juga menguji faktor—faktor yang mempengaruhi kepuasan Mien audit yang bukan perusahaan go public di Jawa Tengah. Data penelitian diperoleh melalui• wawancara dengan menggunalcan kuesioner yang telah diuji datiulu validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian yang terlaunpul sebanyak 52 responden. Faktor-faktor utama yang menentukan kualitas audit diuji dengan analisis • faktor, sedangkan untuk menguji kepuasan klien audit digmalcan regresi. Model regresi ini dilalcukan pengujian asumsi klasik, yaitu pengujian multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas, serta pengujian nonnalitas untuk mengetahui distribusi data Hasil penelitian ini menunjuldcan bahwa ada 10 faktor utama kualitas audit terdiri dari Auditor yang mempunyai pengalaman, keahlian industri, responsif terhadap kebutuhan klien, berkompeten secara teknis, bersikap independen, hati-hati, mempunyai komitmen terhadap kualitas audit, Pimpinan Kantor Akuntan Publik (KAP) aktif dalam audit, auditor mempunyai standar etika yang tinggi, dan tidal( mudah percaya. Sedangkan faktor-faktor yang menentukan kepuasan klien adalah: 1). Auditor mempunyai Keablian Industri, 2). Auditor Responsif terhadap kebutuhan Mien, 3). Auditor berkompeten secara teknis, 4). Auditor mempunyai standar etika yang tinggi, dan 5). Bagian alcuntansi Mien mempunyai pengalaman kerja di Kantor Akuntan Publik yang sedang melakukan audit. Kata Kunci : Kualitas audit, klien audit, perusahaan yang bukan go public, kepuasan Mien. This study is aimed to test main factors that determine Audit Quality from point of view of client from non-Go Public Companies in Central Java. Besides, this study also tested factors influence satisfaction of a client from non-Go Public companies. The research data gained through interview with the use of questionnaire that its validity and reliability had been tested before. The research data collected from 52 respondents. Main . factors determine audit quality examined by factor analysis, while to test audit client satisfaction, by regression. Testing classic assumption, that is a test of multicollinearity, autocorrelation, and heteroschedastisity, and also normality test to know data distribution did this regression model. The results show that there are 10 main factors of audit quality, consisting of auditor who has experience, industry skill, responsive to client's need, and is technically competent, has independence and commitment to audit quality, and is careful; the chief of Certified Public Accountant (CPA) actively involved in the audit process, auditor has high standard ethics, and skepticism. While factors determine clients satisfaction are : 1). Auditor has industry skill, 2). Auditor is responsive to clients needs, 3). Auditor 1;5 technically competent, 4). Auditor has high standard ethics, 5). Client's accounting;: departement has work experience with Certified Public Accountant engaged in audit. Key words: Audit Quality, Audit Client, Non-Go Public Companies, Client Satisfactio
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting |
ID Code: | 9747 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 29 Apr 2010 19:21 |
Last Modified: | 29 Apr 2010 19:21 |
Repository Staff Only: item control page